Untuk mewarnai rambut, tentunya membutuhkan cat rambut yang sesuai dengan model pewarnaan rambut yang kamu inginkan. Selain itu, pastikan kondisi rambut kamu bersih, tapi tidak perlu dicuci dulu pakai shampoo, karena akan membuat kutikula rambut terbuka dan warna tidak bisa menyerap sempurna.

Alat-alat yang diperlukan :
– Cat rambut
– Jepit rambut
– Kain gelap untuk menutupi baju
– Kuas
– Sarung tangan plastik
– Shower cap (penutup kepala)

Setelah alat yang diperlukan sudah lengkap atau sudah dipersiapkan, lakukan cara dibawah ini.

Berikut cara mengecat rambut :

1. Perhatikan Kondisi Rambut
Rambut yang rontok, bercabang, kering, rusak dan rapuh sebaiknya tidak diwarnai dahulu, sebab akan memperparah kondisinya. Rawat dulu dengan masker atau creambath 2-3 bulan berturut-turut.

2. Memilih Produk Cat Rambut
Pilih produk cat rambut yang berkualitas baik.
Cirinya adalah diformulasi dengan nutrisi lengkap. Kandungannya terbuat dari bahan alami seperti aloe, balm mint, hops, fennel, chamomile, mistletoe, atau yarrow. Jangan pernah tergiur harga murah yang beresiko dapat merusak rambut.

3. Memilih Warna Cat Rambut
Pilih warna cat rambut yang sesuai rona kulit, yang dapat membuat wajah terlihat cerah. Warna yang cocok untuk wanita Asia yaitu :
– Mahogani tua
– Merah tembaga
– Merah cokelat
– cokelat keunguan
– Merah keunguan
– Burgundy

4. Rambut Belum Pernah Dicat
Untuk rambut yang belum pernah diwarnai, pilih warna yang lebih terang dari hasil yang diinginkan  (2-3 level lebih terang).
Sebaiknya hindari bleaching (mencat rambut dengan warna pirang terlebih dulu agar warna yang diinginkan mudah didapat). Bila rambut sudah pernah dicat warna gelap, pilih warna yang sama dengan rambut, sebab warna yang lebih terang sulit keluar, kecuali dengan bantuan bleaching. Bila rambut telah dicat warna terang, Kamu bebas memilih warna apa saja.

5. Menggunakan 2 Dus Untuk Rambut Panjang atau Tebal
Jika rambut panjang atau tebal, dan belum pernah diwarnai dianjurkan menggunakan 2 dus.
Sebab bila cat rambut tidak tuntas menutup batang rambut, hasil warnanya akan kurang indah.

6. Proses Pewarnaan
Sebelum proses pewarnaan, pastikan rambut kering.
Cucilah malam sebelumnya. Rambut yang berminyak atau basah, warnanya tidak dapat masuk secara maksimal. Nah triknya adalah shamponya harus tepat. Pilih yang mengandung keratin untuk melindungi dari kerusakan luar atau efek korosif dari zat aktif pada cat rambut.

7. Menyimpan Cat Rambut
Sebaiknya simpan cat dan lakukan pengecatan di suhu udara sekitar 20-25ºC.
Lebih dingin dari itu formula krim cat rambut kemungkinan tidak bisa menghasilkan warna yang maksimal.

8. Membagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian
Untuk rambut panjang: jepit menjadi 4-6 bagian untuk memudahkan pewarnaan dan hasilnya lebih merata sampai ke dalam.
Mulailah aplikasi dari belakang. Sedia kapas dan baby oil untuk menghapus noda cat yang terkena area kulit. (biasanya di dahi dan sekitarnya).

9.Habiskan Sisa Cat Rambut
Produk cat yang sudah dicampur tidak bisa disimpan. Bila cat masih tersisa habiskan saja, lebih baik dioleskan lagi kerambut.

10. Gunakan Shower Cap
Untuk rambut yang belum pernah diwarnai, panjang atau tebal, gunakan shower cap saat menunggu dibilas. Hal ini dapat membuat zat aktif dalam formula cat rambut bekerja lebih efektif.

Demikianlah langkah-langkah yang harus Kamu lakukan untuk mengecat rambut sendiri dirumah. Semoga Kamu mendapatkan warna rambut seperti yang diinginkan.
sumber : yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>