success-18715Menjadi kaya dan sukses adalah impian yang lumrah, termasuk untuk anak muda. Demi mendapatkan kesuksesan dan kekayaan, banyak dari mereka yang rela bekerja pagi-malam untuk mengumpulkan pundi-pundi tabungan.

Tidak sedikit juga yang mencoba membuka usaha sendiri. Tapi sebenarnya, meraih kemapanan di usia muda itu ada panduannya. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk meraih kemapananan di usia yang terbilang muda. Penasaran ‘kan, gimana caranya? Ayo dibaca dan dicermati ya.

1. Sadarilah Jika Tidak Ada Formula Rahasia Untuk Sukses Selain Kerja Keras.
Kerja keras adalah satu-satunya jalan untuk sukses. Banyak anak muda yang punya mimpi untuk jadi kaya dan sukses. Tapi, impian itu tidak selalu diimbangi oleh semangat untuk bekerja keras. Orang-orang yang enggan menyingsingkan lengan baju dan berkeringat ini berharap akan ada keajaiban yang bisa membuat mereka sukses dalam semalam.

Jika kamu benar-benar ingin sukses dan mapan sebelum mencapai usia 30 tahun, sadarilah bahwa tidak ada formula rahasia yang bisa membantumu untuk sukses selain kerja keras. Kamu perlu merelakan waktu nongkrong dengan teman-teman untuk bekerja lebih giat, tidur lebih malam demi belajar, hingga berhemat agar bisa berinvestasi.

Untuk bisa sukses kamu harus menemukan produk yang bagus dan memiliki semangat untuk bekerja. Hanya dengan ketetapan hati, keuletan, dan kegigihan dalam berusahalah kesuksesan bisa dicapai. Memang sulit. Tapi kalau jalan menuju kesuksesan itu mudah, semua orang pasti bisa melakukannya, ‘kan? Sesuatu yang paling ingin kamu dapatkan biasanya memang membutuhkan perjuangan.”
2. Kalau Mau Benar-Benar Kaya, Jangan Mau Selamanya Jadi Karyawan.
Jangan mau selamanya jadi karyawan. Bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan memang menawarkan penghasilan tetap dan keamanan. Bukan hanya gaji yang diterima tiap bulan, kamu juga akan mendapatkan berbagai tunjangan dari perusahaan tempatmu bekerja. Tapi sayangnya, hanya menjadi karyawan tidak akan bisa membuatmu kaya di usia muda.

Masih belum percaya? Coba tengok deh, daftar orang terkaya di dunia versi Forbes ini. Semua nama yang tercantum disitu mendapatkan kekayaan mereka dari bisnis yang digeluti. Tidak ada karyawan yang masuk di daftar orang dengan kekayaan fantastis.

Membuka bisnis sendiri lebih memberi ruang bagimu untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa kamu terima. Semakin kamu berkerja keras, maka makin besar juga profit yang bisa masuk ke kantungmu. Jika kamu memang berniat untuk menjadi mapan sebelum usia 30 tahun, mulai saja berbisnis dari sekarang!

3. Jangan Kebanyakan Berencana dan Berandai-Andai.
Hanya berandai-andai tidak akan membawamu kemanapun. Oke, kamu sudah punya semangat untuk mulai membangun kerajaan bisnismu sendiri. Rencana bisnismu bahkan sudah kamu rencanakan dengan sangat rinci. Kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan, dan darimana harus mulai merealisasikan rencana tersebut. Sayang, kemudian kamu malah minim eksekusi.

Saat kamu sudah punya rencana bisnis, jangan terlalu lama berencana dan berandai-andai. Langsung gerakkan tanganmu untuk melakukan sesuatu. Berdiam diri justru membuatmu banyak berpikir dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang belum tentu terjadi. Bisa-bisa kamu malah mundur teratur sebelum mulai mewujudkan usaha yang kamu rencanakan itu. Simpan business plan yang sudah kamu buat dengan cermat itu di rumah. Sekarang saatnya kamu keluar dan mulai melakukan sesuatu.

4. Kenali Aset yang Kamu Miliki, dan Carilah Partner yang Bisa Memperkuatnya.
Temukan partner yang melengkapimu. Kamu bukan orang sempurna yang bisa melakukan semuanya sendirian. Dalam perjalanan mencapai kekayaan dan kesuksesan di usia muda kamu akan membutuhkan bantuan orang lain. Penting bagimu untuk menemukan orang yang tepat, dia yang bisa melengkapi kekurangan yang kamu miliki.

Kenali kelebihan dan kekuranganmu sendiri. Anggaplah kelebihan yang kamu miliki tersebut sebagai “aset”. Demi memaksimalkan keuntungan, tentu kamu perlu memiliki aset yang memadai, bukan? Di sinilah pentingnya kamu perlu menemukan partner yang bisa melengkapimu. Cari dan temukan dia yang bisa melengkapi kekurangan yang kamu miliki. Temukan juga rekan kerja sama yang bisa memberikan masukan-masukan yang berguna bagi pengembangan bisnismu kelak.

5. Stop Mengeluh dan Membuat Alasan. Keluhan Tidak Akan Membayar Tagihan.
Dalam usahamu membangun jalan menuju sukses, akan ada banyak kesulitan yang pasti tidak bisa dihindari. Kamu punya 2 pilihan untuk menghadapinya: terus bekerja keras, atau mengeluh saat merasa susah. Setiap keluhan yang ingin keluar dari mulutmu, ingatlah satu hal: keluhanmu tidak akan membayar tagihan.

Mau mengeluh atau tidak, toh kebutuhan dan masalah akan tetap datang. Mengeluh justru hanya akan memperberat langkahmu dalam berusaha. Daripada buang-buang usaha untuk mengeluh, lebih baik bekerja keras dalam diam kan?

6. Kelilingi Dirimu Dengan Orang yang Tepat
Pilih teman yang tepat. Lingkungan dan orang-orang di sekitarmu akan sangat berpengaruh pada pola pikir dan performa kerja yang kamu miliki. Karena itu, penting bagimu untuk cermat memilih siapa saja yang bisa memberikan pengaruh baik bagimu. Bukan berarti pilih-pilih teman, ya. Kamu hanya harus menjaga diri agar selalu dikelilingi energi positif.

Selalu kelilingi dirimu dengan orang-orang yang juga punya visi kesuksesan yang sama. Bergaullah dengan mereka yang juga percaya bahwa kesuksesan tidak akan pernah datang tanpa kerja keras. Mereka yang yakin bahwa keuletan pasti akan dibayar mahal. Energi positif yang diberikan oleh orang-orang di sekitar akan jadi amunisi yang baik untuk membuat dirimu terus maju.

7. Mulailah Dengan Usaha di Bidang Jasa Jika memungkinkan
Kita sudah sepakat, ‘kan, bahwa cara mencapai kekayaan di usia muda adalah dengan memulai usaha? Nah, sekaranglah saatnya menentukan jenis usaha apa yang paling menguntungkan buatmu. Cobalah untuk mulai dengan usaha di bidang jasa jika memungkinkan.

Membuat sebuah produk membutuhkan investasi waktu, tenaga dan dana riset yang tidak sedikit. Karena itu akan sangat menguntungkan jika kamu bisa membuka setapak menuju sukses dengan usaha di bidang jasa. Menjual usaha di bidang jasa relatif lebih cepat membawa keuntungan buatmu. Keuntungan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk tambahan modal demi mengembangkan usaha, ‘kan?

8. Pilih Target Pasar yang Spesifik
Kenali siapa target pasarmu. Semakin spesifik target pasar yang ingin kamu capai, semakin besar pula kemungkinan kamu akan sukses di bidang tersebut. Luangkan waktu untuk mengetahui apa yang target pasarmu benar-benar inginkan. Kemudian, investasikan usaha dan kerja keras untuk mewujudkan keinginan mereka.

Kamu tidak perlu menyasar target pasar yang sangat luas. Mulailah dengan target yang kecil dan spesifik. Justru dari situ kamu bisa lebih mudah menyesuaikan layanan. Dan bukan tidak mungkin, jika layananmu prima, kamu akan bisa menjadi lebih maju dari para pesaingmu.

9. Buat Usahamu Terpercaya Dan “Mudah Dibagikan”
Rekomendasi dari orang lain jadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produk yang akan digunakan. Karena itu, jika kamu mau berhasil dengan usahamu dan bisa jadi kaya sebelum umur 30 tahun, kamu perlu meninggalkan kesan yang baik pada konsumenmu. Buatlah mereka puas, sehingga mau merekomendasikanmu kepada orang lain.

Penting juga untuk memilih logo dan nama yang catchy. Atribut perusahaan yang mudah dibagikan akan membangun imagemu di kalangan konsumen. Semakin usahamu dikenal, semakin banyak pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

10. Jangan Biarkan Orang Lain Melihatmu Sebagai Orang yang Lemah
Berjuang terus, jangan biarkan kamu tampak lemah. Ketika kamu punya keinginan dan ketetapan hati untuk kaya di usia muda, kompetitor akan melihatmu sebagai ancaman. Tidak jarang mereka akan “menyikutmu” agar membuatmu linglung dan menyerah. Jangan pernah menunjukkan bahwa kamu lemah dan bisa dikalahkan. Tunjukkan bahwa kamu adalah seorang petarung yang tangguh.

Jadilah orang yang sportif dan fair. Masukilah persaingan dengan gagah; perlakukan kompetitor bukan sebagai lawan, tapi sebagai teman bertanding. Saat ada yang memperlakukanmu dengan tidak adil, jangan takut untuk menunjukkan bahwa kamu juga punya kuasa untuk melawan.

11. Cari Mentor yang Bisa Mendampingimu
Cari mentor yang bisa membimbingmu. Keberadaan mentor akan sangat membantu perkembanganmu sebagai seseorang yang masih muda. Cari orang yang sudah lebih dulu terjun di bidang yang hampir mirip dengan bidang yang sedang kamu geluti. Jalin hubungan personal dengannya. Jangan ragu untuk meminta saran darinya.
Masukan praktis dari orang yang sudah lebih dulu terjun di medan persaingan akan membuka matamu. Kamu jadi bisa lebih tahu hal apa saja yang harus kamu persiapkan agar bisa sukses.

12. Perlakukan Uangmu Sebagai Aset Investasi
Gunakan uangmu untuk investasi. Jika kamu mau kaya di usia muda, ubahlah sudut pandangmu soal uang. Alih-alih memandang uang sebagai sesuatu yang bisa kamu habiskan dengan mudah, perlakukan uangmu sebagai aset untuk berinvestasi. Pergunakan uang yang kamu dapatkan untuk modal tambahan. Atau bisa juga kamu pakai untuk berinvestasi di skema lain.

13. Segalannya mungkin berat, tapi jangan menyerah!
Jangan mudah menyerah. Setelah menjalani berbagai usaha di atas, bukan berarti masalah tidak akan datang padamu. Kamu masih akan dihadapkan pada berbagai persoalan yang kadang bisa membuatmu frustasi. Tapi, satu hal yang bisa menjamin kesuksesanmu adalah ketika kamu tidak menyerah menghadapinya.

Pasang badan aja. Hadapi semua masalah dengan gagah. Selesaikan permasalahan yang muncul satu persatu. Gunakan masalah itu sebagai bahan pembelajaran untuk bisa berkembang jadi lebih baik. Jika kamu melakukannya, maka kemapanan di usia muda bukan hal yang mustahil lagi.

Gimana? Tidak terlalu sulit kan sebenarnya? Semua orang punya kesempatan untuk kaya dan mapan di usia muda. Menjalani kehidupan yang nyaman bisa dirasakan siapapun yang mau berusaha. Termasuk kamu! Gak ada alasan kan kalau di usia muda bisa mapan? Semoga tips-tips diatas bermanfaat buat kamu semua yang ingin memperoleh kemapanan di usia muda.

Sumber: http://www.hipwee.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>