Kamu Mahasiswa Baru dan merantau jauh dari rumah? Mahasiswa perantau biasanya kesulitan untuk menyatu dengan lingkungan baru, hal ini wajar sebenarnya. Seiring waktu berlalu, kalian pasti bisa kok untuk menyesuaikan diri. Nah berikut ada tips yang bisa membantu kalian menyatu dengan lingkungan baru kalian.

1. Be Yourself!

Jadi diri sendiri! Jangan jadi orang lain untuk bisa kenal dengan teman baru kamu, tapi perlu di garis bawahi kalian harus tetap menjadi pribadi yang rendah hati. Karena kita belum tahu kepribadian teman baru kita seperti apa, berusahalah menjadi pendengar yang baik dan jangan sungkan untuk mengekspresikan diri kalian, karena teman kalian juga perlu tahu tentang kalian.

2, Berusaha Ramah

“Dimana Bumi Di Pijak disitu langit dijunjung” sebuah peribahasa yang sering kita dengar. Maknanya kita harus menghormati adat istiadat tempat kita tinggal. Sebagai contoh, adat sunda, dimana kita harus terbiasa menggunakan kata “punten” sebagai kata pembuka percakapan, ya memang sih ini lebih berlaku kalau memulai percakapan dengan orang yg lebih tua. Kata tersebut mencerminkan kalau kita hormat kepada yg lebih tua. Mungkin di daerah lain ada kata yg semacam dengan “punten”.

3. Berbagi semampunya.

Sebagai mahasiswa perantau memang harus menghemat, tapi ingat hemat berbeda dengan pelit. Berbagi disini ga harus uang ya guys, bisa saja makan yang lebih yang kamu punya, atau bahkan yang non materil seperti ikut bakti sosial. Sebagai mahasiswa yang harus mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan ikut bakti sosial kita sudah melaksanakan poin ke tiga yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. So guys jangan lupa berbagi walau hanya sepotong roti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>