Tentu sangat menyenangkan bila bekerja dengan rasa senang dan denganrasa nyaman. Tetapi, hal tersebut bisa menjadikan dunia kerja seperti neraka atau tidak nyaman.

Banyak orang yang bekerja berpuluh-puluh jam dalam seminggu, dan pasti mereka akan merasa stress karena kelamaan bekerja. Sering kali kita melakukan hal-hal yang menurut kita mudah dilakukan agar stress cepat pergi seperti: langkah mundur, menarik napas, dan merefleksikan kembali.

Anda bisa saja berada dalam posisi tersebut kapan saja. Mungkin sekarang Anda sedang merasakannya karena bekerja terlalu berat, merasa lelah, dan tidak termotivasi lagi. Tenang saja, ada cara supaya Anda bisa pulih dari gejala stress yang melanda, seperti berikut:

 

  • Beristirahatlah

tidur

Anda tidak perlu mengabaikan semua pekerjaan kalau sedang merasa stress. Tapi Anda perlu untuk memberi jeda. Carilah suatu upaya agar bisa mendapatkan liburan yang lebih lama. Ambil cuti tanpa tanggungan jika itu bisa Anda lakukan.

Saat Anda berlibur, disinilah waktu yang tepat untuk mengisi waktu Anda dengan sesuatu yang Anda suka. Luangkan waktu lebih banyak untuk pasangan, teman, dan keluarga. Makan dan minumlah yang enak. Tujuannya adalah memulihkan kembali stamina dan pikiran Anda.

  • Pangkas dan tinggalkan

4be2e74b516d7e3bb4153e3a66d92fbf

Setelah berhasil beristirahat, Anda sebaiknya sudah berada dalam sebuah level yang mencerahkan. Apa yang paling membuat Anda stress? Ini adalah pertanyaan utama dan sudah harus ada jawaban.

Misalnya, Anda senang melayani konsumen, tapi lelah kalau ditambah pula mengelola karyawan. Kalau ini jawaban atas stres Anda, maka negosiasikan dengan bagian sumber daya manusia supaya ada manajemen kerja yang lebih baik.

  • Lakukan olahraga dan diet

keluarga2

Ketika Anda bekerja selama berjam-jam dalam sehari, bahkan berpuluh jam dalam seminggu dan Anda mengacuhkan kesehatan Anda maka hal ini hanya membuat stres semakin parah. Mari lakukan olahraga dan diet. Hasilnya, Anda akan mendapatkan kembali energi Anda, akan menjadi jarang sakit, dan bisa memikirkan soal masa depan.

  • Temukan hobi

c64105fdee5b138015b852bce3d7df34

Bekerja yang terlalu keras membuat hidup menjadi penuh rutinitas. Hidup terasa membosankan. Jika Anda mencoba menemukan hobi Anda maka disitulah Anda akan merasa lebih santai di setiap hari-hari Anda.

  • Bantulah orang sekitar

helping-climb

Beri waktu dan energi yang positif untuk seseorang atau kelompok yang ada di sekitar Anda. Stress dalam kerja seperti terowongan. Anda bisa merasa hidup terasa sempit, yang tersisa hanya kerja dan perjuangan emosional Anda.

Untuk mengatasi kejenuhan, jangkaulah orang lain yang membutuhkan bantuan Anda. Bisa saja terlibat dalam kegiatan amal atau hal-hal yang jauh dari pekerjaan. Anda bisa membantu diri sendiri dengan mengatasi masalah orang lain.

 

Demikianlah beberapa tips. Selamat Mencoba! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>