Hayo ngaku siapa yang uang bulanannya pernah abis sebelum waktunya? Pasti ada deh yang kayak gitu. Uang Bulanan yang habis belum pada waktunya biasanya disebabkan oleh hal-hal yang bisa dibilang hanya ‘memenuhi keinginan’ bukan kebutuhan. Nah, berikut ada tips yang dapat kalian simak untuk bisa meminimalisir kemungkinan uang bulanan habis sebelum waktunya. Belajar Berhemat itu penting lho untuk masa depan.

1. Puasa!

Dengan puasa kamu dapat memangkas jatah makan siang kamu. Eits, tapi jangan salah niat ya, puasa tetap diniatkan untuk beribadah, untuk menjadi hematnya itu sebuah bonus. Dengan Puasa kamu dapat pahala sekaligus HEMAT! Berbanggalah anak kost yang rajin puasa senin-kamis.

2. Tentukan Tanggal Ambil Uang

Disarankan sih uang bulanan diambil per minggu. Karena kalau diambil 1 bulan sekaligus kemungkinan akan habis diawal cukup tinggi. Dan, jangan hanya ambil ketika perlu karena pengeluaran jadi tidak terkontrol. Kalo bisa sih buat jatah sehari mengeluarkan uang berapa, percaya deh sesungguhnya perencanaan yang baik akan membuat hidup anak kost lebih indah.

3. Belanja? Buat list Sesuai Kebutuhan.

Kembali lagi, perencanaan yang baik itu penting. Kalo kamu udah bisa bikin list belanja bulanan tentu itu akan membantu kamu untuk lebih berhemat dan tidak menghamburkan uang untuk sesuatu yang hanya sebatas ingin.

4. Jadilah Manusia Produktif.

Semasa kuliah banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti. Mulai dari kegiatan didalam kampus atau bahkan kamu bisa mencari perkerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliah kamu. Kenapa disarankan untuk menjadi produktif? Karena bagi sebagian orang menjadi tidak produktif, berarti menjadi sebaliknya yaitu konsumtif. Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki bisa saja kamu mengeluarkan uang untuk ke bioskop, main game, ke warnet, atau bahkan makan ditempat yang bisa dibilang ‘mewah’ dikalangan mahasiswa. Nah dengan menjadi produktif kalian bisa lebih berhemat atau bahkan menambah uang jajan kalian.

5. Manfaatkan WiFi GRATIS atau Modem.

“Perbanyaklah teman” biasanya itu pesan orang tua saat melepas anaknya yang akan merantau. Pesan itu ada benarnya dan bermanfaat karena kita akan butuh teman semasa perantauan. Karena pasti ada teman yang tempat tinggalnya (re:kost, asrama, atau apartmen) memiliki jaringan internet yang bagus dan bahkan sangat bagus hehe. Atau kamu yang punya teman satu tempat tinggal yang bisa diajak patungan buat beli modem dan paket bulanan. Sungguh memiliki banyak teman itu indah.

Untuk anak kost dimanapun kalian berada belajarlah berhemat, karena manfaat hemat ga cuma kita nikmatin sekarang, kalo sudah terbiasa hemat, kita dimasa depan pasti akan merasakan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>