Kesibukan menjadi kendala bagi para orangtua untuk meluangkan waktunya dengan sang anak. Sehingga banyak orang tua yang menggantungkan jasa baby sitter untuk mengurus anak-anaknya.

Dalam soal mengasuh anak mungkin sebagian besar di asuh oleh seorang ibu. Akan tetapi bukan berarti sosok Ayah yang sibuk dalam bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga menjadi halangan untuk bisa dekat dengan sang anak.

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui tentang manfaat yang bisa didapatkan oleh sang anak yang memiliki kedekatan dengan sang ayah.

Nah, untuk itu yuk ajak anak lebih dekat dengan ayah karena banyak manfaatnya.

Ada empat hal  positif yang bisa dibangun dari kedekatan antara sang anak dan ayah, seperti berikut;

1. Karakter Anak

Sumber Photo: www.parentian.com

Sumber Photo: www.parentian.com

Ada banyak penelitian yang telah dilakukan dalam kurung waktu empat dekade ini dan telah membuktikan efek positif dari peran ayah dalam mengasuh, menjaga serta berperan serta membesarkan anak. Penelitian menguatkan kalau peran serta ayah bisa membangung karakter anak yang lebih baik.

2. Emosi Anak

Sumber Photo: www.psikologiku.com

Sumber Photo: www.psikologiku.com

Salah satu kajian penelitian dilakukan oleh Father Involvement Research Alliance membuktikan beberapa alasan mengapa anak harus dekat dengan ayah; yaitu terkait dengan emosi yang lebih stabil, lebih percaya diri dan lebih memiliki semangat dalam bereksplorasi.

3. Pergaulan anak

Sumber Photo: dafhy.net

Sumber Photo: dafhy.net

Efek positif kalau anak dekat dengan ayah juga bisa dilihat dalam pergaulannya. Biasanya anak yang dekat dengan ayah cenderung lebih gampang bersosialisasi sehingga berkesempatan lebih untuk mempunyai banyak teman. Kenapa? Karena anak tersebut dianggap lebih asyik dan menyenangkan.

4. Kecerdasan anak

Sumber Photo: saurnanews.tumblr.com

Sumber Photo: saurnanews.tumblr.com

Penelitian juga memberikan fakta tentang anak berusia 3 tahun dan dekat dengan ayah akan memiliki IQ yang lebih tinggi sehingga bisa lebih mudah memecahkan masalah dibandingkan dengan teman seusianya.

Nah, itulah beberapa alasannya untuk para Ayah disarankan untuk memberikan waktu dan kesempatan yang lebih banyak kepada sang anak.

Untuk Bunda, Yuk dukung dan beri kesempatan untuk anak supaya bisa dekat dengan ayahnya. Karena bonding yang erat antara anak dan ayah akan mencetak anak yang cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>