camerainternal

Ini adalah pertanyaan klasik yang hampir selalu ditanyakan oleh newbie fotografi di banyak forum. Bila saat ini kamu sedang mempertanyakan apa Kamera DSLR terbaik yang cocok sebagai kamera DSLR pertama kamu, berarti kamu telah menemukan artikel yang tepat sebagai bahan pertimbangan.

 

Berikut adalah pertimbangan untuk membantu kamu:

 

Budget atau anggaran kamu

Nah yang satu ini seringkali dilupakan ketika kamu menanyakan kamera apa yang bagus. Padahal poin ini yang paling penting dan menentukan merk dan kenis kamera yang kamu mampu beli. Bila harga kamera tidak sesuai budget kamu tentu saja akan tersingkir dari pilihan kamu, sehingga mempersempit pilihan kamera. Kamera DSLR tidak akan berfungsi optimal bila tidak digunakan bersama aksesoris penting lainnya seperti lensa range yang berbeda, flash, tripod, dll. Jadi Budget kamu jangan sampai hanya cukup untuk membeli kamera saja. Kamera butuh perawatan. Itu sudah pasti. Berarti kamu butuh drybox, blower, microfiber, dll. Budget kamu juga harus cukup untuk membeli kebutuhan penting ini.

  Kebutuhan membeli kamera

Apa yang kamu butuhkan dari kamera tersebut nantinya? apakah kamu membutuhkannya untuk adventure atau untuk membuka usaha fotografi atau hobi saja. karena kebutuhan tersebut memunculkan kebutuhan fitur kamera yang berbeda. Contohnya: kamu membutuhkan kamera untuk adventure, maka fitur water proof jelas menjadi pilihan utama dan juga ukuran kamera yang tidak terlalu besar. Pilih yang menjadi poin penting kebutuhan kamu dan sandingkan dgn harga. Yang terpenting juga, tidak perlu memilih kamera yg memiliki semua fitur dimana yg pasti mahal dan belum tentu kamu menggunakannya. Jangan Lupa bila kamu ingin upgrade kamera, setiap saat kamu bisa jual dan membeli yang baru. Jadi jangan terlalu berpikir bahwa pembelian kamera ini harus bisa untuk digunakan selamanya.

  Sisi Ergonomic 

Kamera DSLR kamu tentunya untuk digunakan. Maka sisi ergonomic juga memegang peranan penting. Kamu harus perhatikan kenyamanan ketika kamera DSLR tersebut digunakan. Kamu bisa mencoba genggaman kamera tersebut di Toko Kamera dimana di toko biasanya disediakan produk display. Perhatikan pula letak tombol kamera, pertimbangkan dengan selera kamu sendiri ketika menggunakannya nanti, lebih mudah yang mana. Pilihan ini sangat subyektif.

Spesifikasi VS kebutuhan — Membeli produk elektronik, mau tidak mau kamu harus memperhatikan spesifikasi produk tersebut. Spesifikasi ini mudah sekali diakses di website merk kamera yang bersangkutan. Kalo kamu adalah second buyer yang artinya sudah pernah memakai kamera dan mau menambah kamera atau ganti kamera, tentunya istilah spesifikasi kamera tidaklah asing lagi. Tapi bagaimana dengan newbie. Saya punya trick simple yg menjadi panduan sederhana untuk memilih kamera berdasar spesifikasinya, tapi jangan lupa spesifikasi tersebut tentunya harus disandingkan dengan harga dan kebutuhan kamu.

 

Solusi termudah terhadap apa yang harus diperhatikan sbb:

 

Ukuran sensor: apakah mau APSC (sensor kecil) atau full Frame — Tentu saja full frame lebih mahal, pertimbangkan pula kalau Full Frame biasanya Lensa juga lebih mahal.

Ukuran megapixel foto — Cari saja yang terbesar, tetapi bukan patokan murni

Ukuran LCD display — Tentu saja kamu harus memonitor hasil foto kamu, sehingga ukuran LCD display yang lebih besar tentu lebih nyaman.

Tingkat resolusi LCD Display — Untuk akurasi monitoring hasil foto, akan lebih baik kamu memilih tingkat kerapatan pixel LCD yang tinggi. Tingkat kerapatan pixel ini bisa dilihat di resolusi LCD contohnya di Canon 650 D ditulis resolusi LCD 1.040 K Dots. Ini Termasuk sangat bagus.

Image Procesor — Pilih image procesor terbaru. Tentu kamu tidak mungkin salah dengan image prosesor yang terbaru bukan?

Kompatibilitas dengan aksesoris kamera pihak ketiga — Cek di google dan forum, apakah kamera yg kamu hendak Beli kompatibel dengan aksesoris pihak ketiga. Karena siapa tahu kamu akan menambah aksesoris seperti Flash merk pihak ketiga seperti Yong Nuo untuk alasan budget.

 

Mau Beginner entry atau medium Pro?

Bila kamu memiliki budget lebih, pilihan di atas beginner kamera yaitu mulai medium pro, kamu tidak perlu terlalu memusingkan merk. Pastinya Canon atau Nikon kurang lebih sama apalagi mereka adalah pemain besar di bisnis Kamera. Bila kamu akan memilih beginner entry kamera, ada baiknya ada bandingkan dahulu spesifikasi canon dan nikon. Diantaranya bisa melalui website ini http://snapsort.com

 

Sekian Tips dari efektips.com semoga bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasih

Sumber : taskameracozazebali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>