Cara Membersihkan Kamera dari Jamur

Lensa lensa kamera juga bisa dipenuhi oleh berbagai jenis jamur. Adalah mitos bahwa kamera yang sudah dipenuhi jamur akan sulit diperbaiki sendiri. Banyak orang beranggapan, bahwa dengan mencoba memperbaiki kamera yang dipenuhi oleh jamur, akan beresiko terkena benda benda lain yang ada disekitar.

Lensa kamera yang terinfestasi jamur dapat dicegah dan dibersihkan. Kalau kamera digital tahan air yang mungkin tidak pernah menghadapi masalah ini. Hanya dalam beberapa kasus saja, di mana jamur terdapat sampai ke lapisan lensa dan tidak menjadi ekonomis jika diperbaiki.

1. Langkah pertama untuk menghilangkan jamur pada lensa kamera adalah dengan membongkar pengaturan lensa. Hal ini penting untuk melihat kerusakan yang disebabkan oleh jamur. Kadang-kadang jamur berada di antara lensa. Dalam kasus seperti itu, mencoba  memperbaiki kamera sendiri bukanlah pilihan yang bagus.

2. Kebanyakan jamur hanya menyebabkan kerusakan sedikit pada lensa , dan bisa dibersihkankan dengan hanya menggunakan cuka yang memiliki sifat antijamur.Cuka anti jamur yang efektif adalah yang khusus dibuat untuk membersihkan lensa.

3. Solusi lain untuk membersihkan jamur adalah dengan merendam lensa selama paling tidak satu jam didalam formula yang terbuat dari air 94% suling ,4% clear amonia dan hidrogen peroksida 2%. Hidrogen peroksida juga kaya sifat antijamur dan mampu membersihkan lensa dari setiap spora jamur.

4. Dalam kasus serangan ringan jamur pada lensa kamera, lensa dapat terus ditembak dengan senapan flash elektronik akan membersihkan jamur sementara. Ini juga akan membantu menghilangkan kutu yang mungkin telah menyebar ke bagian lain yang tidak bisa dijangkau dari kamera. Setelah selesai pembersihan, pastikan kamera sudah dalam keadaan benar benar kering.Jika tidak, serangan jamur akan timbul kembali.

5. Mencegah terjadinya jamur pada lensa kamera dapat dilakukan dengan cara menaruh kamera pada tempat yang kering dan remang-remang. Jamur sangat suka pada kelembaban dan tempat yang gelap.Dan kondisi seperti itu harus dihindari dalam menaruh kamera.

6. Menggunakan sachet silica gel didalam casing atau kit kamera adalah cara cara yang efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur di kamera. Selain itu, hindari memasukkan makanan dan air didalam tempat yang sama dengan kamera.Kutu jamur sangat mungkin untuk menempati disetiap tempat yang lembab.

7. Cara terbaik untuk menjaga ketajaman kamera Anda adalah cukup hanya dengan menghindarkan kamera dari tempat kotor. Dengan cara ini Anda dapat menjaga kamera Anda untuk lebih lama dalam memberikan hasil gambar yang diinginkan.

Namun jika kamera Anda kotor dan memberikan hasil gambar tidak maksimal,tips di atas mungkin bisa membantu Anda untuk membersihkannya dan membuatnya seperti baru lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>