Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Rambut itu mahkota bagi para wanita & style bagi laki-laki. Tanpa rambut kita nggak akan kelihatan keren.. betul? Rambut sehat & indah pasti impian kita semua. Tapi apa yang terjadi jika rambut kita lepek & berminyak? Nah, saya salah satu korban rambut lepek juga.

Iklim tropis & tingginya tingkat polusi di lingkungan kita sangat mempengaruhi terjadinya rambut lepek.

Sebenarnya rambut lepek atau berminyak diakibatkan ketidakseimbangan di antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Sebum adalah kandungan minyak yang melembapkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. Namun, jika sebum berproduksi berlebihan, maka hal ini menjadi masalah, dan membuat rambut mengkilap, berat, dan lengket di kepala.

“Kalau keramas, sering kali orang hanya mengusap-usap rambut dan kulit kepala dibiarkan saja. Padahal kotoran dan debu itu adanya di kulit kepala. Karena keramas yang tidak benar inilah kotoran dan minyak di kepala menjadi menumpuk sehingga rambut menjadi berminyak,” kata Jasmine melalui ponselnya.

Menurut dr Jasmine Karsono selaku Principal Scientist Hair Care Communication Idea P&G, kulit kepala menjadi berminyak salah satunya karena keramas yang tidak benar.

Bagi mereka yang mempunyai masalah rambut berminyak, Jasmine membolehkan untuk keramas setiap hari. Namun, tidak perlu menggunakan kondisioner bila keramas setiap hari karena dikhawatirkan rambut malah akan lepek. “Jadi, selang-seling, sehari pakai kondisioner, sehari tidak,” imbuhnya.

Dijelaskan Jasmine, sebenarnya rambut sudah mempunyai kondisioner natural sendiri, yakni minyak di kulit kepala. Hanya saja yang menjadi masalah adalah apabila kadar minyak ini berlebih dan menarik debu dan kotoran sehingga rambut pun akhirnya menjadi berminyak.

Cara Mengatasi rambut lepek :

1. Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak atau yang mengandung ph netral.

2. Gunakan dalam jumlah cukup (tergantung ketebalan rambut). Jangan diamkan terlalu lama. Semakin cepat Anda membilas, semakin baik.

3. Jangan menggunakan sampo bayi atau untuk anak-anak. Memang banyak anggapan sampo bayi atau anak sangat lembut dan aman. Namun, sampo ini mengandung minyak yang tidak sesuai untuk rambut remaja atau orang dewasa.

4. Hindari menggunakan air panas saat keramas.

5.  Jangan menggunakan hair dryer terlalu dekat dengan akar rambut.

6. Saat keramas sebaiknya pijat kulit kepala dengan lembut (tidak terlalu lama) sebelum mengaplikasikan sampo agar kandungan sampo meresap dan membersihkan minyak berlebihan di kulit kepala dan akar rambut. Membilas pun dilakukan dengan air dingin sampai pada akar rambut.

7. Saat mengeringkan rambut, cukup ditekan-tekan sampai setengah kering dan biarkan kering secara natural. Apabila ingin menggunakan hair dryer, gunakan temperatur rendah. Pegang dengan jarak 15 cm dari rambut Anda. Dan jangan biarkan hair dryer berada di area rambut yang sama lebih dari 15 detik.

8. Gunakan sisir dari gading atau plastik maupun kayu dengan gigi jarang.

9. Hindari pula pemakaian produk styling rambut terlalu sering. Produk-produk ini justru membuat rambut akan menjadi lebih lepek.

10. Saat keramas,jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>