Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya.

Dehidrasi terjadi ketika air atau cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada cairan yang masuk, sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Jika kebutuhan cairan tersebut tidak segera dipenuhi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Siapapun bisa terkena dehidrasi lho, mulai dari usia balita hingga orang dewasa. Tubuh akan sangat terpengaruh ketika kehilangan sedikit air. Sayang sekali, tidak ada alat pengukur yang bisa diandalkan jika tubuh membutuhkan air, terutama pada bayi dan anak kecil. Petunjuk yang cukup bagus adalah dari warna urin. Warna urin yang bening berarti tubuh seseorang memiliki banyak air, sedangkan urin yang warna kuning atau kuning gelap akan jadi pertanda dari dehidrasi.

Nah, ternyata penyebab utama dari dehidrasi adalah diare. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kekurangan cairan atau kehilangan terlalu banyak cairan. Selain diare, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh muntah-muntah, berkeringat berlebihan saat demam, dan berolahraga pada saat cuaca panas.

Air merupakan elemen yang penting bagi tubuh setiap orang. Tidak hanya membantu metabolisme tubuh air juga mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kekurangan air atau dehidrasi bisa membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Dilansir dari boldsky.com berikut merupakan dampak buruk dari dehidrasi bagi kesehatan, simak yuk!

1.Kolestrol

Sobat efektips ternyata kurangnya kadar air dalam tubuh bisa menyebabkan level kolesterol dalam tubuh naik. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi adalah penyebab utama level kolesterol dalam tubuh naik.

Sumber Photo: halosehat.com

Sumber Photo: halosehat.com

2. Asma

Selain itu dehidrasi ternyata bisa menyebabkan asma Ladies. Saluran pernafasan ternyata bisa menyempit akibat dehidrasi. Nah hal tersebut bisa membuat seseorang sulit bernafas dan rentan alergi.

Sumber Photo: www3.imperial.ac.uk

Sumber Photo: www3.imperial.ac.uk

3.Cepat Lelah

Selain itu dehidrasi juga membuat tubuh lebih cepat merasa lelah. Untuk itu kamu harus rajin minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan sempurna.

Sumber Photo: anekatop10.com

Sumber Photo: anekatop10.com

4. Gangguan Pencernaan

Dehidrasi juga akan menyebabkan konstipasi. Gangguan pencernaan akan rentan terjadi, apabila kamu kekurangan air dalam tubuh.

buang air-sakit perut

5. Nafsu Makan Bertambah

Ternyata dehidrasi bisa menyebabkan berat badan naik. Saat kamu merasa haus maka kamu akan cenderung memakan apa yang ada di dekat kamu. Sehingga, hal itu akan menyebabkan berat badan kamu naik dengan cepat.

makan

6.Tekanan Darah Tinggi

Tubuh mengandung 92% air dalam darah. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka darah akan jadi lebih kental dan ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini akan beresiko menyebabkan penyakit yang lebih serius.

 

Sumber Photo: www.deherba.com

Sumber Photo: www.deherba.com

Jika merasa mengalami dehidrasi, minumlah banyak cairan. Kamu bisa minum susu rendah lemak, jus buah, air kelapa, atau sup. Usahakan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan minuman bersoda ya.

Apabila kamu mengalami dehidrasi karena diare, jus buah sebaiknya dihindari. Dehidrasi yang parah bisa menyebabkan kejang-kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.

Ternyata banyak dampak dehidrasi yang bisa merugikan tubuh seseorang  ya, Ladies. Usahakan untuk minum air dengan cukup ya, agar tubuh kamu senantiasa sehat dan selalu bugar. Semoga bermanfaat, salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>