Mata  merupakan jendela hati danmenjadi salah satu organ tubuh terindah dari seorang manusia. Menjaga keindahan dan kesehatan mata adalah suatu kewajiban yang perlu kita jaga.

Tetapi perlu kita ketahui bahwa kegiatan yang biasa kita lakukan justru bisa mempengaruhi kesehatan mata loh. Seperti dikutip dari news.health.com, ada banyak kebiasaan buruk yang bisa merusak mata, sebagai berikut;

Menyentuh dan mengucek mata

Kadang mata terasa gatal atau ada sesuatu yang mengganjal dan tidak enak saat berkedip karena beberapa sebab seperti terkena debu. Ada baiknya kamu hindari untuk menyentuh dan mengucek/menggosok mata  karena tangan adalah tempat bakteri. Sebaiknya jika ingin menggosok, pejamkan mata kamu lalu gosok di bagian luar kelopak matanya saja, atau gunakan obat tetes jika terlalu mengganggu.

Melihat layar elektronik atau gadget seharian

Ketika beraktifitas atau bekerja seharian di depan komputer atau memandangi layar HP terlalu sering bisa menurunkan kemampuan mata kita karena adanya pengaruh cahaya biru yang mirip dengan sinar UV. Nah, untuk menghindarinya, rajin konsumsi buah dan sayur kaya vitamin. Dengan begitu mata kita akan tetap terjaga kesehatannya.

Terlalu Mengandalkan obat tetes mata

Obat mata memang mampu untuk mengatasi mata kotor, namun jangan menggunakannya terlalu sering. Karena, Obat tetes mata biasanya mengandung vasokonstriktor, senyawa yang bisa mengecilkan pembuluh darah. Obat mata memang bisa membuat mata kamu tidak merah lagi, namun obat tetes mata mengandung pengawet dan bahan kimia lainnya yang apabila dipakai dalam jangka waktu lama justru akan merusak mata loh.

Sebaiknya kamu bisa menghindari kebiasaan di atas agar mata tetap cantik dan indah secara alami ya, sobat efektips.
Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>