Setelah seharian menatap layar komputer, laptop ataupun gadgetmu, matamu akan terasa lelah dan dapat menyebabkan mata panda. Setelah bekerja seharian di depan laptop ataupun komputer, pasti kamu tidak lepas dari gadget. Nah, untuk kamu yang selalu berhapadapn dengan segala gadget ataupun komputer, efektips punya tips ampuh loh untuk menghilangkan mata panda setelah seharian penuh di depan computer.

Yuk simak tipsnya

1. Usahakan jarak dari mata ke computer minimal satu rentangan tangan

  i2-mirror-co-uk

Sumber: i2.mirror.co.uk

Saat menatap layar monitor, jangan terlalu dekat karena jarak yang terlalu dekat tidak hanya akan merusak mata tetapi juga bisa membuat leher tegang dan punggung menjadi kaku. Para ahli menyarankan paling tidak jarak dari mata ke monitor 50-70 cm.

Jadi pastikan selalu ada jarak minimal satu rentangan tangan antara mata dengan layar monitor atau peralatan elektronik lainnya. Secara tidak langsung dengan jarak tersebut, posisi duduk juga akan tegak dan mata tidak cepat lelah.

2. Posisikan gadget atau laptop lebih rendah dari posisi mata

m-kaskus-co-id

Sumber: m.kaskus.co.id

Jika layar terlalu tinggi, asupan udara yang masuk ke dalam otak akan terganggu, begitu juga sebaliknya, jika layar terlalu rendah akan menyebabkan nyeri pada leher. Maka dari itu posisi monitor juga perlu diperhatikan. Posisi yang disarankan adalah meletakkan posisi monitor lebih rendah sekitar 16-30 inci dari ketinggian mata.

3. Usahakan tidak ada cahaya lain yang lebih terang dari komputermu, supaya tetap fokus

anekatop10-com

Sumber: anekatop10.com

Pencahayaan ruangan yang mendukung sudah terbukti akan meningkatkan produktivitas kerja seseorang, dan yang dianjurkan adalah cahaya yang tidak terlalu terang maupun redup. Pengaturan pencahayaan ruangan yang baik adalah dengan mengatur letak meja komputer sehingga sinar terang yang datang dari atas kepala atau jendela tidak berada di sekitar meja kerja saat melihat monitor.

Posisi meja yang dianjurkan adalah di samping karena bila jendela terletak di depan akan menyilaukan mata sementara di belakang dapat menimbulkan bayangan pada monitor computer. Penggunaan lampu meja juga sebaiknya disesuaikan cahayanya sehingga tak langsung menerpa mata ataupun mengenai layar monitor.

4. Aturlah pencahayaan layar, sehingga tidak terlalu terang atau terlalu gelap

langkahkecil-net

Sumber: langkahkecil.net

Tidak hanya pencahayaan ruangan saja yang harus diperhatikan, namun pencahayaan pada layar juga harus diperhatikan ketika sedang menatap layar monitor. Pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap, selain tidak baik untuk kesehatan mata juga dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Gadget saat ini sudah di lengkapi dengan pengaturan pencahayaan secara otomatis, sehingga akan lebih mudah dalam pengaturannya.

5. Inilah sikap duduk yang baik saat berada di depan komputer

www-hipwee-com

Sumber: www.hipwee.com

6. Jangan lupa mengaplikasikan aturan 20-20-20

www-asliunik-com

Sumber: www.asliunik.com

Aturan 20-20-20 ini adalah aturan yang menganjurkan setiap 20 menit bekerja di depan computer kita harus istirahat paling tidak 20 detik dengan melihat objek atau benda yang jaraknya sekitar 20 kaki (20 kaki=6 meter). Kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini dengan berdiri dan meregangkan otot-otot yang kaku selama duduk. Dengan aturan 20-20-20 ini akan mengurangi ketegangan yang sama di mata.

Tetapi terkadang sebagian besar kita tidak sempat untuk melakukannya dan kadang kita bekerja di dalam ruangan yang tidak ada jarak sejauh 6 meter. Tapi jangan takut, ada alternatif yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan bantuan software gratis bernama eye defender. Software ini memberikan peringatan untuk istirahat sejenak, disediakan Visual Training sekitar 1 menit agar mata bisa lebih segar.

7. Mengedipkan mata

alasan--bagus-blogspot-com

Sumber: alasan-bagus.blogspot.com

Ternyata mengedipkan mata itu juga penting untuk mata kita ketika menatap komputer seharian. Dengan berkedip, mata akan mengeluarkan air mata yang akan membuat mata tetap lembab dan membuat penglihatan jernih. Studi para ahli menunjukkan bahwa jumlah orang mengedipkan mata ketika sedang melihat layar komputer akan menurun hanya 7-10 kali dalam semenit, sementara normalnya adalah 18-20 kali semenit. Maka dari itu jangan lupa mengedipkan mata ya!

8. Kalau di rasa mata perih, gunakanlah obat tetes mata

www-batamtoday-com

Sumber: www.batamtoday.com

Karna terlalu sering atau terlalu lama menatap layar komputer terkadang mata akan terasa perih. Mata perih akan terasa ketika mata terlalu lelah, tetapi jangan khawatir, kamu bisa gunakan obat tetes mata untuk meredakannya.

Tetap bisa bekerja dengan optimal meskipun menatap layar komputer seharian. Yuk mulai perhatikan di setiap detailnya, supaya matamu tetap sehat dan segar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>