Menjaga kesehatan menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Jika kita senantiasa memperhatikan asupan makanan yang sehat, maka bukan hal yang sulit bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi ada hal-hal yang tidak bisa kita hindari yaitu asap kendaraan, asap rokok yang biasa terhirup oleh kita ditempat-tempat umum, dsb.

Pada Asap rokok yang mengandung puluhan radikal bebas rentan terhadap kesehatan karena bisa memicu terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini disebabkan dari metobolisme dalam tubuh kita yang artinya radikal bebas bisa terjadi dari dalam diri kita. Radikal Bebas bisa menimbulkan penyakit kronis, penyakit yang membutuhkan waktu lama untuk dapat diketahui secara nyata.

Berikut adalah sumber Radikal bebas yang perlu kamu ketahui;

Sumber Photo: glucogen-moment.org

Sumber Photo: glucogen-moment.org

Buah- buahan yang kaya akan antiokidan berguna untuk menetralisir radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan tubuh kita loh.

Mengkonsumsi makanan sehat buah dan sayur  merupakan salah satu pemberian asupan nutrisi yang mengandung antioksidan tinggi yang dibutuhkan dalam tubuh. Radikal bebas yang terbentuk dari molekul yang berasal dari polutan ataupun asap rokok, maupun pembakaran lainnya yang berbahaya untuk kesehatan.

Di lansir melalui www.boldsky.com, berikut adalah makanan yang mengandung antioksidan yang mampu menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh dan juga bisa mencegah dari serangan penyakit yang serius seperti kanker;

1. Buah Cheri

Sumber Photo: www.healthbenefitstimes.com

Sumber Photo: www.healthbenefitstimes.com

Buah Cheri secara alami mengandung antioksidan yang tinggi dan cheri merah juga mengandung 17 antioksidan yang berbeda yang mampu melawan radikal bebas, dan mampu memperlambat proses penuaan secara optimal.

 

2. Buah Jambu Biji

Guava

Sumber Photo: tipsmill.com

Jambu biji yang kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan tinggi vitamin A, C, dan kalium. Jambu biji baik untuk jantung, otak dan pencernaan. Berbagai antioksidan dalam jambu biji juga berperan dalam memerangi radikal bebas dan mampu mencegah penyakit kanker.

 

3. Buah Jeruk, Lemon Dan Anggur

Sumber Photo: www.wallpaperswa.com

Sumber Photo: www.wallpaperswa.com

Buah-buahan ini memiliki kandungan yang kaya akan fitonutrien dan antioksidan, yang mana dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Sebagian besar buah jeruk mengandung flavanon, anthocyanin, polifenol, dan vitamin C.

 

4. Buah Tomat

Sumber Photo: www.stylesatlife.com

Sumber Photo: www.stylesatlife.com

Buah Tomat mengandung kadar lycopene yang tinggi, yang merupakan suatu senyawa yang dianggap antioksidan yang paling ampuh dari karotenoid. Tomat adalah makanan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia, dan bahkan mencegah risiko beberapa jenis penyakit kanker.

 

5. Buah Bluberi

Sumber Photo: www.diy-ejuice.com

Sumber Photo: www.diy-ejuice.com

Blueberry dikenal mengandung antioksidan tingkat tertinggi diantara buah yang lainnya. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin A, C, serat, dan nutrisi lainnya  yang dapat membantu orang untuk sembuh dari penyakit. Nutrisi dalam blueberry sanagt baik untuk mata, kekebalan tubuh dan pencernaan.

 

6. Paprika

Sumber Photo: www.countingourveggies.com

Sumber Photo: www.countingourveggies.com

Selain sebagai pelengkap untuk hidangan makanan, paprika, terutama paprika yang merah mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin A, C, dan K. Selain kaya akan vitamin C, paprika yang memiliki antioksidan tinggi mampu membantu melindungi tubuh Kamu dari kerusakan efek radikal bebas.

7. Bawang

Sumber Photo: www.myinstahealth.com

Sumber Photo: www.myinstahealth.com

Selanjutnya yaitu bawang yang memiliki kandungan vitamin A, C, E dan terdapat antioksidan yang membantu melawan berbagai penyakit. Selain itu, bawang memiliki sifat antiseptik karena mereka membunuh bakteri dan juga bisa mengurangi peradangan. bawang juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan rambut Kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>