wajah

Sobat Efektips, bener enggak sih bahwa hampir semua wanita menginginkan wajah cantik dan bersinar? Nah, banyak yang wanita melakukan perawatan dengan mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatan penampilan sempurna, dan banyak yang justru melakukan perawatan dan memiliki kebiasaan yang malah bisa merusak kecantikan alami didalam diri kita sebagai wanita.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang berpotensi bisa merusak kecantikan. Seperti berikut;

1. Penggunaaan exfoliator
Menggunakan kosmetika yang menggunakan bahan pengelupas alfa dan beta hidroksi harus digunakan dengan hati-hati. Terlalu sering digunakan akan melukai kulit, menyebabkan kekeringan dan kulit mengelupas.
Ada baiknya menggunakan dua jenis kosmetika dengan asam berkonsentrasi asam rendah untuk meningkatkan kekuatan kulit secara bertahap. Sebelum menggunakan kosmetika berbahan asam, keringkan kulit dan gunakan tabir surya.

2. Over-scrubbing
Pemilik kulit berminyak, bernoda, atau kering sering menggosok wajah dengan keras atau terlalu lama. Ini akan menghilangkan air dari kulit dan mengurangi kelembaban wajah. Sehingga akan memudahkan penyebaran bakteri dan risiko infeksi. Untuk itu, hindari kosmetika dan perawatan berbahan keras dan batasi hanya menggunakannya tiga kali sehari.

3. Menghindari asupan vitamin
Setelah usia 35 tahun, kulit semakin sulit merespons krim perawatan. Sehingga diperlukan asupan vitamin untuk mempertahankan kondisi kulit. Vitamin A membantu mengurangi kerutan, perubahan tekstur dan kerusakan akibat sinar matahari. Lalu, Vitamin C dan E mencegah peradangan, serta Vitamin C juga meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit

4. Tidak memakai tabir surya
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tak menggunakan tabir surya sebelum mengenakan make up. Matahari bisa menekan kekebalan dan menghancurkan sel-sel yang melindungi kulit lho sobat efektips. Perlindungan harian memberi pengaruh yang baik dan sangat penting.

5. Tidak memakai pelembab
Para pemilik kulit berminyak umumnya menghindari pemakaian pelembab karena berpikir akan menyeimbangkan kulit. Kulit memproduksi minyak berlebih untuk menghilangkan kekeringan kulit. Pemilik kulit berminyak sebaiknya menggunakan pelembab ringan berbasis minyak yang mempertahankan kelembaban kulit.

6. Olahraga mengenakan make up
Saat berolahraga, wajah dan tubuh akan berkeringat. Dan, kosmetika yang dikenakan akan membuat bakteri terjebak dan berbaur dengan sebum.  Akibatnya dapat menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat,” ujar spesialis jerawat Dee Davies. Kosmetika yang dapat digunakan selama olahraga adalah tabir surya dan handuk bersih untuk menyeka keringat.

7. Dermal Filler Berlebihan
Suntik botox dan dermal filler adalah cara instan yang fantastis untuk mengurangi penuaan. Tapi jangan melakukan perawatan ini berlebihan. Keriput akan menghilang, tetapi saat produk dimetabolisme tubuh, kerutan akan kembali muncul. Banyak wanita tergoda untuk melakukan perawatan berlebihan agar hasilnya lebih tahan lama. Ada baiknya kamu konsultasikan kepada dokter ahli kecantikan.

Beberapa kebiasaan buruk lainnya:

  • Menggunakan lipstik warna cokelat, yang membuat seseorang tampak lebih tua
  • Memencet jerawat, karena akan meninggalkan bekas luka dan noda
  • Tidur menggunakan make up sehingga tidak memungkinkan kulit bernapas dan regenerasi
  • Tak berolahraga, karena tubuh memerlukan aliran darah yang baik. Olahraga tiga kali dalam seminggu membantu memperbaiki kecantikan

 

 

 

sumber: dokterkamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>