kunci sukses hamil dan melahirkan

Ingin menjalani kehamilan dengan sukses dan bahagia, hingga akhirnya bisa melahirkan dengan bahagia pula? Tidak sulit kok! Nyaman dengan kondisi diri dan mengembangkan citra diri positif, itu kuncinya. Dan untuk mencapai dua hal itu, lakukan 6 tips ini.

Mengembangkan citra diri positif selama hamil, berarti Anda mengembangkan rasa nyaman. Anda tak risau dengan berat dan bentuk tubuh, tetap merasa sehat dan cantik. Perubahan bentuk tubuh, Anda pandang wajar terjadi selama hamil. Kehamilan Anda anggap sebagai masa paling penting dalam hidup. Calon ibu yang merasa nyaman, menghargai setiap perubahan tubuh selama hamil. Ia juga bisa menerima perubahan emosi, dan memandang proses melahirkan sebagai pengalaman yang sangat berharga.

Tak semua calon ibu bisa mengembangkan citra diri positif seperti itu. Bisa nyaman dengan perubahan bentuk tubuh merupakan perjuangan berat. Komentar kecil tentang bentuk tubuh, bisa membuat si calon ibu kalang kabut dan memilih mendekam di rumah. Dukungan teman dan keluarga sangat penting, terutama untuk menjaga perasaannya.

Ingin memiliki gambaran diri positif selama hamil? Coba Anda lakukan yang berikut ini:

1. Kuatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri bisa menjadi modal terbesar Anda untuk menjalani kehamilan bahagia, dan persalinan sukses. Gambaran tentang diri yang negatif dapat menghilangkan kendali atas diri sendiri, dan membiarkan orang lain mengendalikan Anda.

2. Makan makanan sehat, pikirkan kesehatan diri dan janin ketimbang jumlah makanan yang dikonsumsi. Saat ingin makan, ingat selalu Anda juga memberi makan bayi Anda. Pertimbangkan dengan seksama setiap pilihan makanan.

3. Pusatkan perhatian pada keajaiban yang sedang terjadi, yaitu ada bayi dalam tubuh Anda selama 9 bulan. Itu sebabnya mengapa berat badan Anda bertambah. Perhatikan setiap perubahan bayi Anda dari minggu ke minggu. Anda pun takkan merisaukan bentuk dan berat tubuh Anda.

4. Berolahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah sehingga hati Anda gembira. Hati gembira tampak dari wajah yang selalu tersenyum. Anda pun kelihatan cantik. Pilih olahraga paling aman, seperti jalan santai, berenang atau senam hamil. Olahraga pilihan Anda sebaiknya yang memang Anda sukai agar Anda termotivasi bergerak.

5. Lakukan aktivitas menenangkan seperti meditasi, yoga, latihan pernapasan dan melakukan visualisasi untuk hal-hal positif, seperti melahirkan lancar atau menimang bayi sehat. Melakukan salah satu kegiatan menenangkan setiap hari, membantu Anda berpikir positif. Diiringi musik lembut, Anda bisa santai menyiapkan kelahiran. Pijat sehat untuk ibu hamil boleh juga Anda lakukan.

6. Pilih teman yang tak terobsesi pada tubuh langsing. Anda butuh teman yang selalu gembira, tak merisaukan perutnya yang membuncit, pahanya yang membesar dan pipinya yang menjadi tembam. Hindari orang-orang yang bisa meningkatkan citra diri negatif. Ngobrol dengan teman yang selalu gembira dan tak menunjukkan sikap sangat formal alias jaim, membuat Anda ikut gembira.

Sudah tahu 6 kuncinya, kan Bunda? Sekarang mari mulai bangun citra diri positif dan percaya diri!

Sumber: http://www.ayahbunda.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>