Saat matahari sedang terik-teriknya di siang hari, dengan menikmati sepotong buah semangka merah yang manis pastinya sangat menyegarkan. Ternyata selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, buah semangka memiliki 46 kalori per 240 gram, menyajikan 20% asupan harian vitamin C dan 17% vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh lho.

Selain itu ada banyak kandungan yang terdapat dari buah semangka, ada banyak manfaat hebat dari buah semangka. Dilansir dari All Women Stalk, berikut ini sejumlah manfaat yang terdapat pada buah semangka;

1. Buah Semangka Kaya Akan Air, Sehingga Mampu Mengatasi Dehidrasi

Sumber Photo: www.popular-world.com

Sumber Photo: www.popular-world.com

Saat kamu merasa kepanasan di siang hari, kamu bisa mengonsumsi buah semangka untuk mengembalikan kesegaran tubuhmu. Karena ternyata Buah semangka mengandung 91,5% air lho. Jadi, tak heran kalau buah ini dapat mengobati dehidrasi dimusim panas.

2. Terdapat Variasi Warna Kuning

Sumber Photo: obatpenyakittipes.web.id

Sumber Photo: obatpenyakittipes.web.id

Selain berwarna merah, semangka juga ada yang berwarna kuning lho, sobat efektips. Konsumsi buah semangka kuning bermanfaat dalam menyehatkan jantung dan dapat melancarkan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan oleh asam amino yang terdapat pada kandungan buah semangka kuning, selain itu juga dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

3. Bisa Mengobati Nyeri Otot

Sumber Photo: www.alodokter.com

Sumber Photo: www.alodokter.com

Banyak studi menunjukkan bahwa buah semangka dapat meredakan nyeri otot. Semangka mengandung zat citrulline yang dapat meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.

Jadi, jika selama ini nyeri otot bisa diredakan dengan olesan cream atau balsem. Mulai sekarang kamu bisa lho, mencoba untuk konsumsi buah semangka untuk meredakan nyeri otot. Selain itu juga bisa menurunkan tekanan darah, so kalau kamu atau keluarga kamu memiliki tekanan darah yang tinggi, perbanyaklah untuk konsumsi buah semangka ya.

4. Konsumsi Buah Semangka Bisa Menurunkan Berat Badan

Sumber Photo perawatankulitmu.com

Sumber Photo perawatankulitmu.com

Nah, Rasa manis yang terdapat pada semangka sangatlah rendah kalori. Jadi, buat kamu yang sedang dalam program diet, bisa jadikan buah semangka sebagai pilihan camilan terbaik untuk kamu. Jadi tak perlu khawatir karena buah semangka tidak menyebabkan kamu gemuk, justru sebaliknya buah semangka bisa menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Daya Otak

Sumber Photo: caramengobati.co

Sumber Photo: caramengobati.co

Selanjutnya manfaat menakjubkan lainnya dari buah semangka adalah kenyataan bahwa buah ini dapat meningkatkan perkembangan otak. Buah ini mengandung sejumlah vitamin seperti B6 dan kandungan airnya mencapai 92% sama dengan presentase air di otak.

Banyak sekali bukan manfaat yang terkandung dari buah semangka?  Jadi, segera dapatkan manfaat sehat buah semangka untuk kesehatan keluarga Kamu ya, sobat efektips!

Semoga bermanfaat, salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>