Sebagian orang menganggap sehat itu mahal, karna jika sakit dan ingin sehat harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun tidak bagi Rasulullah SAW, Beliau adalah insan mulia dengan riwayat sakit paling jarang. Beliau sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan.

Seumur hidupnya, Rasulullah SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.

“Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412).

Yuk kita simak tips sehat ala Rasulullah SAW

1. Cepat Tidur dan Cepat Bangun

www-treatment4addiction-com

Sumber : www.treatment4addiction.com

Rasulullah tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam.

2. Berpuasa

www-utahpeoplespost-com

Sumber : www.utahpeoplespost.com

Terlepas puasa sebagai perintah wajib yang harus dilaksanakan sebagai umat beragama, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membersihkan hati dan fikiran, puasa juga bermanfaat membersihkan tubuh kita dari racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh, mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh, mengurangi kadar gula darah, membuat kita untuk terbiasa makan sehat, meningkatkan kekebalan tubuh.

Puasa menyembuhkan hati tanpa efek samping. Puasa dianggap sejata paling ampuh dalam dunia kedokteran.

3. Tidak Pemarah

asuhanak-com

Sumber : asuhanak.com

Nasihat Rasulullah: ”Jangan marah”, diulangi tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, tetapi pada kebersihan jiwa. Dengan marah bisa menyebabkan darah tinggi, darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang lain seperti ginjal, jantungkoroner, stroke dan lain lain.

Jika sedang marah, cara paling mudah adalah mengubah posisi kita. Jika kita berdiri hendaklah duduk, jika duduk hendaklah berbaring. Dan segeralah berwudhu dan membaca ta’awudz.

4. Menjaga Kebersihan

 

blog-shopious-com2

Sumber : blog.shopious.com

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi.

Rambut yang panjang selalu tersisir rapi pada waktu tertentu, beliau mengoleskannya dengan sejenis minyak wangi. Gigi beliau putih, bersih, wangi dan berbaris rapi.

5. Menjaga Pola Makan

acediets-com

Sumber : acediets.com

“Hai sekalian manusia makan-makanlah yang halal lagi baik dariapa yang terdapatdi bumi dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena syaitan musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah:168). Sesungguhnya pangkal penyakit kebanyakan bersumber dari makanan. Maka tak heran bila Rasulullah memberi perhatian besar dalam masalah ini.

Di pagi hari Rasulullah SAW membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Pada dasarnya, madu bisa menjadi obat berbagai penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Biasanya Rasulullah makan kurma sebanyak 7 butir pada masuk waktu dhuha.

Menjelang sore hari, menu Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja bukan cuma cuka dan minyak zaitunnya saja, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok, seperti roti misalnya.

Di malam hari, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat mengatakan, beliau selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Secara umum sayur-sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.

6. Berolahraga

Sport closeup detail

Sumber : www.microscope.co.uk

Olahraga merupakan kegiatan menggerakan seluruh anggota tubuh secara teratur, sehingga otot-otot menjadi kuat, persendian tidak kaku, dan aliran darah berjalan lebih lancar ke semua jaringan dan organ-organ tubuh. Olahraga juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Rasulullah SAW menganjurkan semua muslim berolahraga secara rutin sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani.

Sabda beliau: “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR.Dailami). Rasulullah bersabda : “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim). Di dalam hadits lain juga dijelaskan : “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).

7. Bersosialisasi

www-kesekolah-com

Sumber : www.kesekolah.com

Seperti yang sudah kita ketahui, Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senang membantu para sahabatnya. Rasulullah selalu menjaga silahturahmi kepada para sahabat dan tetangganya.

Sebuah studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria berusia 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung. Maka dari itu bersosialisasi yang diajarkan oleh Rasulullah patut kita tiru.

8. Berbekam

abul-jauzaa-blogspot-co-id

Sumber : abul-jauzaa.blogspot.co.id

Said bin Jubir  berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah saw bersabda: “Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu (dengan obat herbal), kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori).

Yuk kita mulai sehat praktis dan mudah ala Rasulullah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>