Desain yang menggabungkan gambar dan tulisan sekarang sudah menjadi sesuatu yang wajib terutama dikalangan remaja dan dewasa yang aktif di media sosial, seperti instagram, tumblr, path, dll. Seringkali menjumpai quotes dengan material berisi gambar dan tulisan. Tentu saja ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, terutama komposisi yang baik antara gambar dan teks. Ada beberapa trik sederhana buat kamu yang tidak memiliki latarbelakang seorang desainer grafis, tetapi ingin membuat desain seperti itu. Yuk kita intip beberapa triknya.

 

1. Memanfaatkan Space Kosong pada Gambar

c0fd694776054e6ec0e286e30a56ec7b

Hal ini memungkinkan untuk menampilkan teks dengan jelas dan mudah di baca, tanpa menutupi objek utama pada gambar. Pada gambar diatas teks di isi pada ruang kosong dan mengikuti ruang kosong yang dibentuk dari kamera atau objek utama pada gambar. Space kosong di atas di isi dengan teks dan bagian bawah adalah objek utama pada gambar, sehingga terlihat seimbang. Selain gambar dan tulisan terlihat seimbang, makna atau pesan yang disampaikan akan terlihat jelas.

2. Menggunakan Background Transparan

0001-41588231

Jika ingin lebih menonjolkan isi teks, letakkan teks tepat di tengah gambar sebagai pusat objek. Namun sebaiknya gambar background diatur tingkat transparansi nya supaya yang membaca pun terpengaruh akan teks tersebut. Dengan background yang sedikit transparan, teks akan lebih mudah dibaca dan menjadi fokus utama.

 3. Gunakan Bantuan Bentuk Bentuk Transparan

450f946b6051d2d3dfc0860d948de275

Jika menginginkan teks sebagai fokus utama tanpa merubah tingkat transparansi, kamu bisa menggunakan bantuan bentuk-bentuk transparan seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan lain lain. Warna yang digunakan untuk bentuk tersebut, sebaiknya berwarna lebih gelap dari gambar background supaya teks tetap bisa terbaca dengan jelas dan tidak mengganggu komposisi background itu sendiri.

4. Menggabungkan 2 Layer Transparan

56-662x313

Dengan menggabungkan 2 gambar atau biasa disebut dalam dunia desain dengan tehnik layering, gambar yang diciptakan akan seperti memiliki tekstur tergantung bagaimana mengatur tingkat transparansinya. Dengan begitu kamu lebih bisa berkreasi dengan tampilan teks sesuai yang diinginkan.

5. Ratakan Teks Sesuai dengan Objek pada Gambar

39-662x313

Jika menginginkan fokus gambar dan teks seimbang, gunakan trik ini. Seperti gambar di atas, teks yang ditampilkan adalah rata kanan dan bagian kiri teks mengikuti bentuk pohon yang berperan sebagai objek utama. Dengan begitu fokus yang dihasilkan akan tertuju pada gambar pohon dan bagian teks.

Sederhana sekali, selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>