Makanan memang sangat dibutuhkan untuk tubuh sebagai sumber energi. Namun, terkadang seringkali nafsu makan kita sulit terkendali. Stres, asupan nutrisi yang rendah, atau kelelahan bisa jadi salah satu faktor yang bikin kamu mudah sekali lapar. Padahal, konsumsi makanan yang berlebihan bisa berakibat buruk lho, bagi tubuh. Seperti, obesitas, tekanan darah tinggi, atau bahkan serangan jantung bisa menghampiri kalau kita tidak menerapkan pola makan yang baik.

Terkadang ketika kamu merasa sudah sarapan pagi, namun ketika belum tiba ataupun belum waktunya untuk makan siang, kamu sudah merasa lapar. Sebenarnya apa saja sih penyebab utamanya mengapa terkadang kamu mudah sekali merasa lapar. Berikut penjelasannya;

1.    Salah Memilih Sarapan
Sarapan merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk mengawali aktifitasmu. Ada baiknya ketika sarapan kamu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, karena protein membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sebaliknya, mereka yang mengkonsumsi sedikit protein saat sarapan cenderung akan mudah sekali lapar yang akhirnya mereka akan mengkonsumsi makanan apa saja selama seharian. Makanan yang banyak mengandung protein yaitu; susu, daging, ikan, kacang-kacangan, alpukat, bayam, dan kedelai.

2.    Kurang Tidur
Kurang tidur bisa meningkatkan kinerja hormone ghrelin yang dapat menyebabkan rasa lapar yang menyerang ketika bangun dipagi hari. Parahnya, ketika rasa lapar karena kurang tidur menyerang, kamu cenderung akan tergoda dan menyantap makanan yang padat akan karbohidrat karena tubuh kamu membutuhkan energi. Hal inilah yang akan semakin memicu resiko kenaikan berat badan.

3.    Menjelang Haid
Untuk hal yang satu ini, para wanita pasti setuju, bahkan ketika akan menjelang haid nafsu makan bisa tiba-tiba meningkat. Hal tersebut terjadi karena selama fase pra-menstruasi, hormone progesterone meningkat. Meningkatnya hormon ini tidak hanya berpengaruh pada kenaikan emosi dan rasa tidak puas terhadap tubuh, melainkan kenaikan tingkat nafsu makan juga ikut naik.

4.    Sedang Bosan
Bosan juga ternyata bisa menjadi pemicu naiknya nafsu makan yang membuat kamu lapar dan ingin makan . Ketika seseorang merasa bosan, maka kinerja dopamine, yakni zat kimia pemicu perasaan bahagia dan motivasi akan mengalami penurunan. Untuk itu, otak akan mencari cara untuk memicu dopamine agar kembali berfungsi dengan cara mencari makanan.

5.    Sedang Stress
Ketika seseorang mengalami stress atau tertekan, detak jantung mereka cenderung akan meningkat begitupula dengan kinerja otot. Seolah-olah mereka sudah mengeluarkan energi yang begitu besar untuk lari marathon, padahal sesungguhnya tidak. Untuk itulah, tubuh akan mencari makanan untuk mengisi kembali energi yang kita habiskan dalam mengolah stress yang dirasakan. Dalam arti lain, stress mampu meningkatkan nafsu makan.

Nah, ketika sewaktu-waktu kamu merasa cepat lapar dan mengalami beberapa gejala diatas, bisa jadi lapar datang dari perintah otak dan bukan datang dari lambung kamu. Lalu bagaimana cara supaya kita mengetahui bahwa kita benar-benar lapar atau tidak.

Kamu bisa dengan mudah mengetahui apakah sebenarnya kamu benar-benar merasa lapar atau tidak. Berikut caranya;

  1. Sediakan 2 gelas air putih,
  2. Lalu minumlah 2 gelas air putih tersebut,
  3. Setelah itu, tunggu selama 10 hingga 15 menit,

Dengan cara tersebut kamu tidak perlu menyiksa diri dengan menahan rasa lapar dan mengalihkan rasa laparmu dengan melakukan aktifitas yang menurutmu bisa menghindari rasa lapar. Setelah kamu sudah minum 2 gelas air putih dan menunggu 10 atau 15 menit, kemudian kamu sudah tidak merasa lapar itu artinya kamu tidak benar-benar lapar. Para ahli menyatakan bahwa 90 % manusia mengalami ketidakseimbangan mineral. Bisa jadi karena kamu kekurangan Mineral yang penyebabnya dari 5 hal yang kita bahas sebelumnya, jadi salah satu akibatnya kamu mudah sekali merasa lapar.

Nah, apabila setelah kamu minum 2 gelas air putih tetap saja kamu merasa lapar. Itu artinya memang kamu benar-benar lapar, ada baiknya kamu langsung makan ya. Perlu diingat ya sobat efektips! makan-makanan yang sehat dan seimbang.  Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>