Hai sobat efektips, bagaimana dengan puasa kamu dihari kedua ini? Semoga berjalan dengan lancar ya hingga satu bulan penuh. Nah, di Bulan Ramadan ini merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki hati, jiwa, dan pikiran kita. Jika selama setahun belakangan ini kamu sering sekali dilanda stres atau beban yang cukup banyak, sekarang waktunya kamu untuk kembali memperbaiki semuanya.

Supaya tetap bisa menjalani Bulan Ramadan dengan ringan dan tidak menjadikannya sebuah beban, ada beberapa kegiatan harian yang bisa kita lakukan lho. Dilansir dari muslimvillage.com, ada 8 kegiatan harian yang bisa membuat Bulan Ramadan kamu terasa lebih ringan dan pastinya jauh lebih bermakna.

Yuk simak! Berikut kegiatan yang akan membuat Ramadan terasa lebih ringan;

1. Senantiasa Berdoa Setiap Hari

muslimah-berdoa

Nah, supaya bulan Ramadan tidak menjadi beban dan kamu bisa melaksanakan ibadah dengan baik, maka sertakan doa dalam setiap kamu melakukan rutnitas sehari-hari. Setidaknya selalu awali setiap perbuatan atau kegiatanmu dengan niat yang tulus dan ikhlas.

2. Perbarui Niat Setiap Malam

sholawat-sebelum-dan-sesudah-berdoa-penghantar-doa-kepada-allah-swt

Di akhir malam, sebelum tidur, luangkan beberapa menit saja untuk kembali memperbarui  niat Anda. Mungkin ada hal yang terlewat untuk Anda lakukan hari ini. Dan agar Anda tak mengulangi kesalahan yang sama untuk keesokan hari, persiapkan niat Anda sejak malam hari sebelumnya.

3. Hindari Hal-Hal yang Menjadi Penghambat Kamu

larangan-puasa

Apakah kamu dapat menyebutkan sejumlah hal yang sebenarnya menjadi penghambat kesuksesan kamu? Mungkin selama ini kamu memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk, dan untuk bisa membentuk kebiasaan baru, biasanya kamu membutuhkan waktu satu bulan. Nah, di bulan Ramadan ini cobalah untuk menghindari sejumlah hal yang selama ini hanya menjadi penghambat kamu.

4. Tetapkan dalam Niat Bahwa Kamu Akan Membawa Kebaikan Bulan Ramadan untuk Bulan Selanjutnya

wanita-berhijab

Berbuat kebaikan tidak terbatas hanya untuk dilakukan selama bulan Ramadan saja. Ketika kamu menetapkan dalam niat bahwa kamu akan terus membawa kebaikan di bulan Ramadan untuk bulan-bulan selanjutnya, kamu pasti akan lebih bersemangat untuk melakukan kebaikan setiap harinya.

5. Konsisten dengan Kebaikan-Kebaikan Kecil

Muslim-Child

Sekecil apapun kebaikan yang Kamu lakukan tapi jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus, maka akan menjadi sesuatu yang sangat bermakna untuk diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya saja, kamu bisa mencoba untuk membuat satu tulisan inspiratif yang disebarkan melalui sosial media.

6. Fokus Pada Apa yang Kamu Bisa

baca qur'an

Jika kamu bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar. Usahakan untuk membuat  jadwal khusus untuk melakukannya. Kamu bisa melakukan shalat tahajud dua rakaat sebelum sahur. Lakukanlah kegiatan atau ibadah yang memang benar-benar bisa kamu lakukan dan pastinya dilakukan dengan sepenuh hati.

7. Buatlah Setiap Hari Menjadi Bermakna

makna puasa

Jika kamu senantiasa selalu merasa bahagia dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Bulan Ramadan bisa terasa berlalu dengan cepat, tergantung bagaimana kamu memanfaatkannya.

8. Jadi Manusia yang Selalu Merasa Kurang

learn

Hidup memang tak bisa benar-benar sempurna persis seperti apa yang kita inginkan. Jadilah seseorang yang selalu merasa kurang agar kamu bisa terus semangat untuk belajar.
Semoga dengan banyaknya rutinitas kamu di setiap harinya, kamu bisa tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Lakukan kedelapan kegiatan diatas agar Ramadan tahun ini dan tahun yang akan datang terasa lebih ringan. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>