Para ilmuwan dari laboratorium Food and Brand, Cornell University kini telah menemukan cara yang ideal untuk mengontrol keinginan kamu menyantap makanan junk food.

Yakni, dengan memakannya di depan cermin.
Penelitian mengungkap bahwa memakan makanan lezat (tapi tidak sehat) di depan cermin bisa membuat makanan tersebut jadi terasa tidak enak. Hasilnya pun cukup signifikan setelah diujicoba kepada 185 orang partisipan.
Dalam penelitian ilmuwan tersebut, partisipan diminta memilih salah satu dari dua jenis makanan yang disediakan, antara cake cokelat atau salad buah. Setelah memilih makanan, setengah partisipan makan di ruangan yang dilengkapi cermin besar, dengan posisi tubuh menghadap cermin. Sementara kelompok kedua makan di ruangan biasa (tanpa cermin).
Setelah makan mereka diminta menilai rasa makanan yang disantap kepada peneliti. Partisipan yang makan cake cokelat sambil menghadap cermin ternyata kurang menikmati makanan yang mereka santap ketimbang mereka yang makan seperti biasa. Sementara yang memakan salad buah tidak merasakan perbedaan yang signifikan ketika makan di depan cermin dan tidak.
“Refleksi pada cermin memperlihatkan lebih dari sekadar penampilan fisik mereka. Cermin mampu memperlihatkan diri mereka secara objektif dan membantu mereka menilai diri sendiri dan perilaku mereka, dengan cara yang sama ketika mereka menilai orang lain,”  ketua penelitian Ata Jami, asisten profesor jurusan pemasaran di University of Central Florida, seperti dikutip oleh Daily Mail.
Dengan kata lain saat kamu melihat diri sendiri memakan sesuatu yang tidak sehat bisa memicu ketidaknyamanan. Rasa tidak nyaman itu muncul karena otak sebenarnya tahu bahwa apa yang kamu makan tidak sehat, hanya saja seringkali kamu tidak sadar saat memakannya.
Lalu, bisakah cermin menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengubah pola makan jadi lebih sehat? Para peneliti menyatakan, bisa saja.
Jadi bisa diterapkan dengan memasang sebuah cermin di ruang makan kamu, manfaatkan juga sebagai interior cantik yang bisa memperindah ruang makanmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>