Lebaran akan tiba, banyak mall dan toko menawarkan diskon besar. Biasanya, Lebaran terasa tidak lengkap jika tidak memakai baju baru. Salah satu kebiasaan yang kurang baik dari sebagian orang yaitu langsung memakai baju baru dan sengaja tidak mencucinya. Alasannya macam-macam, misalnya karena baju masih tampak bersih dan supaya masih tercium bau ‘toko’ yang menandakan baju itu baru. Padahal, ada sisa-sisa bahan kimia dan ada setumpuk kotoran yang ada di baju baru loh.

Merek Terkenal Atau Merek Biasa Sama-Sama Kotor

pakaian
Baju yang tampak bersih tidak selalu bersih. Sebuah penelitian dari New York University menemukan bukti mencengangkan dari berbagai baju baru. Selain sisa bahan-bahan kimia berbahaya yang tertinggal pada kain, peneliti menemukan berbagai kotoran yang akan membuat kamu bergidik, dilansir oleh abcnews.go.com. Peneliti mengambil contoh baju dari berbagai toko, mulai dari merek sangat terkenal hingga merek biasa.

Terlihat Bersih Tapi Belum Tentu Bersih

baju-baru

Hasil penelitian sangat mengejutkan, ditemukan banyak bakteri tertinggal di pakaian baru tersebut. Pada beberapa pakaian, ditemukan sisa sel kulit mati manusia, sisa air liur dan bakteri yang ada di ketiak. Sedangkan pada celana dan bawahan, ditemukan sisa kotoran manusia, bakteri dari organ intim wanita dan kuman yang ada di atas ambang jumlah normal.

“Beberapa pakaian terkontaminasi bakteri melampaui jumlah yang seharusnya. Hal ini bisa jadi karena pakaian itu dicoba banyak orang,” ujar  Dr Philip Tierno yang tergabung dalam penelitian. “Dalam artian, kamu sama saja menyentuh ketiak dan bagian intim orang lain melalui pakaian itu,”

Tidak semua toko menjual baju yang benar-benar bersih, kadang baju yang sudah digantung di rak, masuk lagi ke gudang, lalu dijual kembali. Siapa yang bisa menjamin kebersihannya? Tampak bersih tidak selalu benar-benar bersih.

Maka cucilah pakaian baru kamu, baik pakaian, dress, bawahan termasuk pakaian dalam. Selain dapat melunturkan sisa bahan kimia dari pabrik, semua kotoran yang tertempel bisa mati. Perhatikan juga pada pakaian bayi dan anak-anak, karena kulit mereka lebih sensitif.

Nah, semoga kita bisa lebih peduli untuk selalu menjaga kebersihan dari barang-barang yang kita pergunakan sehari-hari, sehingga kesehatan kita pun selalu terjaga. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>