Tips Agar Kentang Goreng Renyah

Anak anak suka sekali dengan kentang goreng, mungkin karena rasanya yang gurih, dan nikmat disantap selagi masih panas, dan dicocol pakai saos. Orang dewasa juga suka menikmati kentang goreng, mereka menikmatinya sambil ngobrol santai bersama teman. Kentang goreng /French fries banyak disajikan di restoran cepat saji. Di supermarket banyak dijual kentang yang beku dan siap kita goreng sendiri di rumah, harganya lebih terjangkau dan bisa digoreng sebanyak yang kita inginkan, kalau di restoran cepat saji harganya sudah mahal, sedikit lagi terkadang membuat kita tidak puas dan rebutan sama anak.

Berikut tips membuat kentang goreng agar renyah mirip dengan yang ada di restoran cepat saji.

1. Jenis Kentang

Pilih jenis kentang yang halus permukaan kulitnya, tidak memar dan banyak luka. Warna kentang pilih yang coklat muda segar, jangan yang kehijauan, sebab kulit kentang yang kehijauan berarti mengandung racun solanin. Besarnya cukup yang sekepal tangan orang dewasa. Jangan terlalu kecil, sebab akan merepotkan saat mengupas dan memotong.

2. Rebus Dahulu

Untuk mendapatkan kentang goreng dengan warna putih yang cantik, maka ada baiknya dilakukan proses blansir (rebus sebentar dalam air mendidih, lalu angkat). Kentang yang sudah dikupas dan dipotong, rebus dalam air mendidih selama 2 menit saja, lalu angkat, tiriskan, dan rendam dalam air dingin selama 10 menit.

3. Minyak banyak

Gunakan minyak goreng baru (bukan jelantah), yang cukup banyak hingga menutupi seluruh potongan kentang dalam wajan. Seringlah mengaduk kentang di wajan, agar panas merata. Gunanya juga mencegah warna menjadi coklat tua.

4. Pemberian perasa kentang goreng

Sebaiknya dilakukan setelah kentang matang. Jangan sebelum menggoreng kentang. Ini juga mempengaruhi warna kentang, agar tetap putih dan renyah.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>