Tips Agar Pernikahan Langgeng

Di zaman di mana hanya sedikit pernikahan yang bertahan melalui berbagai ujian dan cobaan hidup, terdapat sepasang suami istri asal India, Karam dan Katari Chand membuktikan bahagia selamanya benar-benar nyata. Usia pernikahan keduanya sangat mengagumkan yaitu 87 tahun.

Pasangan yang memiliki delapan anak dan dua puluh delapan cucu dinobatkan sebagai pasangan dengan pernikahan terlanggeng di dunia. Ingin mengikuti jejak keduanya? Ini beberapa tipsnya seperti dikutip Daily Mail:

1. Selalu setia

Saat menikah, Anda berkomitmen untuk mencurahkan hidup bersama pasangan bahkan saat tersulut sekalipun. Jangan percaya bahwa “rumput tetangga lebih hijau”, karena memang tidak demikian.

2. Saling menjaga sebaik mungkin

Jika Anda dan pasangan ingin menua bersama, pastikan Anda selalu saling menjaga dalam bentuk apapun. Apakah itu membuatkannya makanan, memegang tangannya ketika menyeberang jalan atau menjadi sandarannya saat dirinya mengalami masalah.

3. Toleran satu sama lain

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk atau sifat menjengkelkan. Apakah itu meninggalkan handuk di lantai atau mendengarkan radio terlalu keras. Anda harus saling bertoleransi dan menyadari bahwa tidak ada yang sempurna. Tentu saja kita mengganggu satu sama lain sesekali.

Tetapi, jika Anda ingin bertahan hampir 90 tahun, belajarlah mencintai kebiasaan buruknya atau hubungan takkan berhasil.

4. Mendengarkan 

Hal yang paling penting dalam suatu hubungan adalah mendengarkan. Orang-orang tidak mendengarkan lagi karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan TV. Dengarkan masalah orang yang Anda cintai dan keprihatinannya setiap hari, karena Anda dapat membantu mereka mengatasi masalah dan membuatnya lebih bahagia.

Saling mendengar juga membuat Anda lebih dekat. Pasangan adalah orang pertama yang berada di sisi saat ada masalah dalam hubungan.

5. Ikuti nilai-nilai sosial dan religius

Selalu pastikan Anda mengikuti nilai-nilai sosial atau agama. Saling menghormati, merawat, menghargai, dan mencintai pasangan. Perlakukan pasangan sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

Sumber: http://life.viva.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>