rokok
Tidak mudah untuk menghilangkan ataupun menghentikan kebiasaan merokok yang begitu menyenangkan, namun yang lebih susah adalah bagaimana tetap sehat dalam kondisi terpaksa harus merokok.
Kita akan membahas tips ampuh untuk berhenti merokok dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik dan tentunya bisa dengan mudah kamu jalani. Menurut saran Dr. Budhi Setianto, Sp.JP (K), konselor klinik berhenti merokok Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Sebagai berikut:

1.      Biasakan berolahraga atau memulai program/ hobi dengan keluarga/teman-teman yang bukan perokok. lakukan kegiatan  ini secara teratur. olahraga tidak hanya penting bagi yang ingin hidup sehat, tetapi juga bagi perokok. luangkan waktu kurang lebih 30 menit sehari untuk memberikan tubuh mendapat oksigen secukupnya. jangan merokok selama berolahraga karena hal ini akan memupuskan segala manfaatnya.

2.      Jangan merokok sambil minum kopi. meski dapat dipercaya menambah kenikmatan, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru- paru, sebragai gantinya dapat memilih minuman yang dapat menetralisir sebagai gantinya seperti jus buah atau susu.

3.      Ganti rokok dengan makanan ringan sebagai pencuci mulut seperti buah segar.

4.   Ganti kebiasaan merokok saat buang air besar dengan membaca buku , komik, koran yang jauh lebih bermanfaat untuk menambah ilmu maupun sekedar sebagai rilexasi.

5.      Cobalah berfikir sesaat sebelum menyalakan rokok, tentang bagaimana hidup terasa indah tanpa rokok.

6.      Jika hingga saat ini kamu terpaksa harus merokok, cobalah untuk memikirkan kehidupan yang jauh lebih baik daripada merokok. alasan yang selalu dikemukakan adalah rokok dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, memberi rasa lebih tenang dan lebih rilex. kenyataannya, efek positif itu hanya terasa sesaat dan selanjutnya timbul ketergantungan yang akan berdampak luas, cobalah mencari alternatif seperti mendengarkan musik lewat earphone atau mengunyah permen karet.
namun bagi para perokok aktif yang sudah ketagihan rokok dan sangat sulit untuk berhenti merokok, jika memang benar-benar ada niat pasti semua dapat dilakukan.

LIHAT DI BAGIAN BELAKANG BUNGKUS ROKOK KAMU,
“MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN JUGA JANIN.”

sudahkah kamu sadar?

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian akibat merokok tidak ampuh membuat seseorang berhenti merokok, bagaimana jika membeberkan semua keuntungan yang bisa didapatkan jika tidak merokok?
berikut adalah 25 keuntungan jika tidak dapat mengisap rokok.
seperti dikutip dari Health, Rabu (6/1/2010), peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak keuntungan yang akan didapatkan sebagai berikut:

1. Kamu bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.
2. Kamu akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.
3. Kamu bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.
4. Kamu memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.
5. Kamu akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.
6. Kamu bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.
7.  Kamu akan terhindar dari penyakit psosiaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psosiaris.
8. Kamu akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.
9. Kamu yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat. kamu akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung 4 kali lipat.
10. Kamu bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak yang disebabkan asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat kedalam pembuluh darah di otak.
11.  Kamu bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.
12. Kamu akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elatisitas kulit setelah 10 tahun.
13.  Kamu akan memiliki indra penciuman yang lebih baik dan mengkonsumsi makanan dengan lebih nikmat.
14.  Kamu bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak cepat mengalami kebotakan.
15. Kamu akan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.
16.  Kamu akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang kamu ingin merokok.
17.  Kamu akan terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.
18.   Kamu akan menyelematkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.
19. Kamu akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.
20.  Kamu akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.
21. Kamu akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.
22. Kamu bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk kedalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.
23.  Kamu bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reprodukstif wanita.
24.   Kamu punya resiko anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutassi gen yang diturunkan kepada anak.
25.   Kamu akan memiliki umur lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap dapat mengurangi 11 menit kesempatan hidup.

Gimana? tentunya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika niat baik kamu untuk berhenti merokok. Kamu bisa memulai hidup sehat tanpa merokok. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

 

 

sumber: konselingku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>