Tips Bayi Berenang

Mengajari bayi berenang ternyata mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan fisik dan mentalnya, tidak saja padaorang dewasa dan ternyata memerlukan beberapa tips bayi berenang agar nyaman. Untuk bayi, berenang sangat efektif memberikan kebugaran dan memicu perkembangan fisiknya, meningkatan daya konsentrasinya, gerak refleksnya, juga prilaku sosialnya saat mereka masuk ke taman kanak-kanak nantinya. Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang juga mengungkapkan bahwa melatih anak berenang saat usianya baru tiga bulan dapat berpotensi menjadikan anak lebih berbakat, lebih mandiri, lebih percaya diri, serta memiliki kecerdasan intelektual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah dilatih berenang.

Berenang bersama bayi itu merupakan suatu moment yang sangat menyenangkan. Bermain bersama bayi sesuka hati, namun terkadang tidak semua bayi mau dan berani diajak berenang, karena kondisi tersebut sangat jauh berbeda dari tempatnya mandi di bak mandi bayi yang jumlah airnya jauh lebih sedikit dari air yang ada di kolam renang. Bahkan mungkin anda bisa membuatnya menjadi takut. Nah inilah gunanya tips bayi berenang agar pengalaman berenang pertama bagi sang bayi dapat menjadi moment yang indah dan sangat menyenangkan.

1. Mulailah pada usia bayi 4-6 bulan. Dalam usia ini, reflek akuatik (menarik nafas sebelum menyentuh air) belum hilang. Hal ini tentunya dapat melatih koordinasi antara fungsi otak dan otot. Bermain dengan air hangat di bak mandi atau ember menjadi tips bayi berenang yang utama.

2. Awali latihan didalam kamar mandi lebih dahulu, dengan ukuran bak yang agak besar. Serta jangan lupa bawa beberapa mainan yang paling dia sukai untuk membuatnya merasa nyaman dan menyenangkan. Coba lihat Mr.Bean selalu membawa boneka bebek kecil berwarna kuning saat akan mandi.

3. Tips bayi berenang berikutnya adalah dengan memulai secara langkah-langkah bertahap, jangan langsung mengajari bayi berenang, tapi cobalah buat kondisi bayi serileks mungkin, mungkin bisa dilakukan dengan membawakan beberapa lagu gembira, biarkan bayi anda menikmati setiap percikan air yang mengenai tubuhnya. Serta lumerkan suasana dan ciptakan image seolah anda tidak sedang memaksanya belajar berenang. Jika keadaan sudah menyatu, dan si bayi sudah menikmati permainnnanya barulah perlahan anda ajarkan dia berenang dan jangan lupa untuk tetap mengajak bayi anda tertawa dan bercanda penuh kebahagiaan agar juga dapat menciptakan kondisi kejiwaan sang bayi menjadi lebih harmonis.

4. Batasi waktunya, ketika anda sudah bermain dengan bayi anda, adakalanya anda lupa bahwa waktu terus saja berjalan, tak terasa mungkin sudah lebih dari 30 menit anda mengajak bermain bayi anda di dalam air. Ingat, kulit bayi itu sangat rentan dan sensitif, jadi jangan terlalu lama di dalam air. Untuk usia 4-6 bulan maksimal 10 menit saja sudah cukup, jangan sampai hingga bibir si bayi pun menjadi pucat atau membiru. 10 menit buat orang dewasa memang cukup sebentar, namun buat bayi itu sudah cukup lama.

5. Sebagai tips bayi berenang yang terakhir, jika ditempat umum, pergilah bersama ibu dan bayi lainnya agar suasan menjadi riang dan gembira. Kalau bisa pilih kolam renang khusus anak agar kaki bayi anda bisa menyentuh dasar kolam. Serta tidak lupa untuk memastikan pengamanan pada bayi anda saat akan berenang.

Begitulah kira-kira tips bayi berenang untuk anda. Anda dapat lebih mengimprovisasikan gerakan-gerakan yang dapat melatih sensor gerak anak anda, dan melatih kesimbangan otak, otot dan semua organ tubuhnya.

Sumber: http://www.proberita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>