piramida-makanan

Setiap orang tentunya memiliki impian memiliki tubuh sehat dan bentuk tubuh yang ideal. Banyak program diet yang menawarkan hasil untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Namun, kamu perlu hati-hati dalam memilih program diet yang tepat, karena impian tubuh yang ideal dan sehat bisa hilang akibat salah memilih program diet.

Jika kamu ragu melakukan program diet yang justru  dapat  membahayakan kesehatan kamu, maka kamu perlu mengatur pola makan yang tepat. Pola diet piramida bisa kamu jadikan acuan untuk melakukan diet tanpa resiko, pola makan piramida mengarah pada pengklasifikasian makanan yang paling boleh dan paling banyak dimakan dan yang paling tidak dianjurkan atau paling sedikit dimakan dengan membentuk kelompok makanan dalam piramida.

Karena kebiasaan makan yang sudah lama tidak diatur dan mengubah kebiasaan tidak semudah membalik telapak tangan, ini menjadi faktor orang gagal menjalankan diet ini. Untuk itulah butuh panduan untuk memulai diet ini dan menjadikan diet piramida berhasil. Seperti yang ditawarkan dalam situs www.everydayhealth.com, yang memberikan saran sederhana mengenai penerapan ‘food pyramid’ ini sebagai panduan untuk memulai hidup sehat.
Panduan ini sangat penting apalagi jika kamu masih bingung seberapa banyak sebaiknya porsi daging, sayur atau buah yang harus dikonsumsi setiap hari, dan berikut ini panduannya.

Kelompok biji-bijian: enam ons per hari, pilih gandum, oats, atau beras merah
Kelompok sayuran: 5 porsi sayuran berbagai warna untuk sehari
Kelompok buah-buahan: 4 porsi berbagai macam buah, pilih buah-buahan berbeda
Kelompok susu: 3 porsi per hari dalam wadah kecil atau gelas kecil. Pilih yang low atau non fat, bisa yogurt, keju atau susu cair biasa.
Kelompok daging dan kacang-kacangan: 5.5 ons untuk 2 kali makan dengan syarat daging tanpa lemak, untuk daging ayam tanpa lemak dan kulit. Untuk makanan lain yang bisa menjadi pengganti adalah telur, ikan, kacang-kacangan.
Kelompok minyak: 6 sendok teh per hari dan hindari menggunakan mentega, margarin atau minyak sayur.
Kalori tambahan: sedikit gula, garam dan penyedap rasa, jika mungkin sebaiknya menghindari penyedap makanan.

Intinya adalah porsi kelompok pertama hingga akhir mengalami penyustan. Jadi kamu boleh makan banyak biji-bijian, sayur dan buah dan tidak boleh banyak makan makanan berminyak dan berkalori tambahan. Hal diatas merupakan panduan sederhana untuk memulai mengatur pola maka piramida. Tentu panduan tersebut bisa berbeda untuk setiap orang, namun kamu bisa berpegang pada aturan level piramida untuk menyesuaikan porsi. Semoga bermanfaat, salam sehat.

 

 

Sumber: vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>