Tips Melelehkan Coklat Untuk Membuat Chocolate Cake

Seringkali tidak puas dan tidak mendapatkan hasil cokelat coating yang bagus? Ikuti beberapa step berikut agar chocolate coating Anda berhasil.

1. Potong-potong cokelat block

Seringkali yang membuat kita lama saat melelehkan cokelat adalah karena ukurannya terlalu besar. Dan terkadang kita juga malas memotong-motong cokelat tersebut. Namun hasil lelehan terbaik dan tercepat adalah dengan memotong-motongnya menjadi bagian-bagian yang sangat kecil atau menyerutnya dengan alat serut.

2. Pastikan alat dalam kondisi kering

Pastikan mangkok/panci yang digunakan dalam keadaan benar-benar kering. Karena satu tetes air saja dapat merusak tekstur cokelat yang akan dilelehkan. Demikian juga sendok pengaduk yang digunakan juga harus dalam keadaan kering dan tidak boleh terkena air.

3. Gunakan media air panas

Melelehkan cokelat block tidak boleh langsung di atas api panas karena cokelat akan kering dan tidak bisa digunakan. Cara yang benar adalah panaskan air dalam panci berukuran besar yang agak melebar. Kemudian masukkan mangkuk/panci yang sudah berisi potongan cokelat block. Aduh cokelat hingga meleleh dan segera angkat jika semua cokelat sudah leleh.

4. Mengaduk cokelat

Mengaduk cokelat yang sedang dilelehkan adalah sebuah langkah yang wajib dilakukan. Yang pertama agar cokelat leleh merata, dan yang kedua agar cokelat lebih lembut dan mengkilap.

5. Bagaimana jika kemasukan air?

Jika memang tidak sengaja adonan cokelat tersebut kemasukan air, tambahkan saja sepucuk sendok teh mentega di bagian cokelat yang terkena tetesan air. Kemudian aduk kembali hingga merata.

6. Agar cokelat bisa dilelehkan kembali?

Terkadang ada saja yang harus kita lakukan terlebih dahulu dan akhirnya meninggalkan cokelat yang sudah dilelehkan. Alhasil perlahan cokelat kembali membeku dan sulit dilelehkan kembali. Bila ini terjadi, tambahkan sedikit saja coating fat agar cokelat bisa kembali dilelehkan dan dipakai. Namun coating fat juga tidak boleh digunakan terlalu banyak agar tidak mempengaruhi dan mengubah tekstur cokelat.

Sumber: http://www.vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>