Tips Memilih Dokter Spesialis Anak

Beda orang, beda pula informasi tentang seorang dokter. Kita harus jadi orang tua pasien yang pintar dan pilih dokter anak yang baik. Bagaimana caranya?

1. Pilih dokter yang direkomendasikan atas adar profesionalisme yang bersangkutan, bukan atas dasar ramainya pasien atau mujarabnya obat.

2. Jam praktiknya memungkinkan kita untuk hadir mendampingi anak, terutama bila ayah dan ibu keduanya bekerja.

3. Punya sistem pengaturan dokter pengganti, apabila dokter  tersebut tidak ada di tempat.

4. Idealnya, dokter tersbut memiliki akses ke sebuah rumah sakit, sehingga bila anak harus dirawat akan lebih mudah pengangannya.

5. Pilih dokter yang terbuka, informatif, ramah termasuk bahwa tubuhnya, serta mau mendengar dengan iklas dan tanpa buru-buru, sehingga Anda nyaman bertanya dan berdiskusi.

5. Pilih dokter yang mau meluangkan waktu berkomunikasi dengan anak dan berusaha lebih mengenal balita. termasuk sabar menunggu ketika anak ketakutan.

6. Cari tahu apakah dokter tersebut memiliki kesamaan prinsip dalam pengasuhan anak. Misalnya, soal pemberian antibiotik yang rasional dan juga kehati-hatian dalam pemberian obat-diberikan bila perlu, dan tidak terlalu banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>