tumbuh uban

Tumbuhnya uban umumnya dialami oleh orang dewasa dengan usia 40 tahun keatas. Namun demikian, rambut putih yang terlalu cepat muncul dan belum waktunya dapat merusak penampilan kamu bukan?

Ada banyak cara cepat untuk menghilangkan uban yaitu dengan memakai produk pewarna rambut. Namun kamu perlu tahu bahwa ada cara alami untuk mencegah tumbuhnya uban pada usia dini yang mudah dilakukan.
Salah satu penyebab utama munculnya uban adalah stres yang berlebihan. Stres yang kamu alami akan membuat hormon tubuh terganggu termasuk hormon yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut.

Nah, tips berikut ini bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya rambut putih dengan cara yang tidak sulit;
1.    Minum Air Putih
Banyak orang yang mengetahui tentang khasiat minum air putih, namun banyak pula orang yang mengabaikannya. Air merupakan sumber kehidupan bagi semua mahluk di bumi, begitu juga bagi tubuh kamu. Air terbukti mampu melarutkan berbagai racun dalam tubuh manusia.

Nah, apabila tubuh kamu mengalami dehidrasi, maka nutrisi sulit untuk mencapai hormon perangsang folikel rambut. Akibatnya kesehatan rambut akan terganggu. Salah satu efeknya adalah terganggu nya pigmen yang membentuk warna rambut sehingga memicu tumbuhnya uban lebih cepat. Jadi, perbanyak minum air putih yuk!

2.    Berhenti Merokok
Berbeda dengan air yang memiliki kemampuan untuk melarutkan dan membuang berbagai sumber penyakit dalam tubuh, rokok itu merupakan kumpulan sumber penyakit yang dibungkus sedemikian rupa. Tapi banyak masyarakat kita yang ketagihan dengan rokok tanpa memikirkan efek negatif yang terjadi pada kesehatan kita sendiri.

Perlu kamu ketahui bahwa,  jika racun yang terkandung dalam sebatang rokok bisa merusak berbagai bagian tubuh termasuk rambut. Salah satu efek merokok adalah penuaan dini. Uban dan keriput akan muncul lebih awal jika kamu tak bisa menghentikan kebiasaan merokok.

3.    Mineral Dan Zat Besi
Kurangnya zat besi dan mineral dalam tubuh juga merupakan penyebab kerusakan rambut dan munculnya uban. Perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dalam sehari. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kaya zat besi untuk rambut lebih sehat.

4.    Khasiat Biji Pepaya
Nah, kamu perlu tahu bahwa biji buah pepaya ternyata memiliki khasiat ampuh untuk mencegah tumbuhnya uban.Kamu hanya perlu mengambil setangkup biji pepaya, sangrai, lalu tumbuk halus dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan sekitar satu jam, lalu keramaslah seperti biasa.

5.    Protein
Protein merupakan nutrisi yang akan menjaga kesehatan tubuh kamu termasuk rambut. Pastikan protein ada dalam variasi menu harian kamu. Ayam, telur dan ikan salmon adalah beberapa makanan yang direkomendasikan karena kaya akan protein dan zat yang bisa membuat rambut lebih indah dan kuat.

6.    Waktu Tidur Cukup
Saat kamu tidur, tubuh melakukan berbagai proses untuk memperbaiki sel-sel kulit, termasuk kulit kepala. Tubuh perlu waktu yang cukup untuk melakukan proses peremajaan sel secara maksimal. Tidur cukup 7 jam sehari sangat mendukung proses perbaikan sel yang bisa membantu memperlambat munculnya uban.

7.    Sering Ganti Shampo
Terlalu sering ganti shampo dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan merah, dari gejala itu sebaiknya kamu berhenti dengan kebiasaan ganti-ganti shampoo karena apabila diteruskan uban akan mulai tumbuh sedikit demi sedikit.

8.    Atasi Dengan Putih Telur
Untuk mengatasi masalah uban rambut, anda mungkin bisa menggunakan ramuan tradisional jaman dulu yang menggunakan khasiat putih telur ayam. Perawatan rambut beruban tentu saja berbeda dengan lainnya.

Sangat mudah untuk mencegah timbulkan uban pada usia dini. Kamu perhatikan kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari memicu munculnya uban rambut. Merawat rambut agar lebih sehat dan hitam berkilau bisa menjadi langkah pencegahan yang ampuh loh. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

 

 

sumber: tipssehatcantikbugar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>