as

Mengurangi energy listrik untuk menekan biaya listrik, menekan laju pemborosan energi dan menekan laju global warming yang kian memparah. Memang energy listik sangat mudah untuk di dapatkan, namun asal sumber energy listrik tidak semuanya menggunakan sumber yang alami seperti tenaga uap dan turbin, beda dengan tenaga berbahan bakar fosil, pembakit ini menggunakan bahan bakar yang cukup besar biayanya dan efek dari penggunaannya.

Oleh karena itu, penggunaan alat listik harus mulai di benahi untuk di sesuaikan dan di gunakan seperlunya dan tidak di peruntukan untuk membuang buang daya. Apalagi banyak sekali peralatan di rumah tangga yang menggunakan listrik. Sebut saja lampu, AC, kulkas, televisi, mesin cuci, pompa air, computer, dan banyak lagi.
Komputer merupakan alat yang sering di gunakan di era kini, mulai dari rumah, kantor, dan dimanapun. Penggunaan daya pada alat ini cukup besar. dan jika tidak di optimalkan dayanya sama dengan melakukan pemborosan yang berkontinu. Penghematan daya pada computer dapat di lakukan oleh siapa saja, asal ada niat dan kemauan untuk berhemat dari pemakainya.
Berikut beberapa hal yang dapat di lakukan untuk berhemat :

1.    Atur tingkat terang-gelapnya layar monitor (brightness) secukupnya. Ternyata makin terang layar monitor, makin besar energi yang dibutuhkan. Sehingga usahakan agar sesuai kebutuhan Anda saja.

2.    Pilihlah monitor komputer hemat energi. Di pasaran kini sudah banyak dijual monitor yang masuk kategori hemat energy. Jika tidak mengerti dan memahami mengenai jenis monitor hemat energi, Anda bisa ditanyakan pada saat pembelian.

3.    Hindari penggunaan screensaver dan standby power karena meski kecil tetap saja ada energi listrik yang digunakan. Empat, hindari pula penggunaan komputer secara berlebihan, misalnya untuk main games semalam suntuk atau menyetel MP3 sepanjang hari.

Selain cara-cara yang bisa dilakukan di atas, secara otomatis komputer juga bisa distel agar hemat energi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Memang sedikit teknis. Tetapi bisa Anda coba mencobaya dan ditanggung tidak rumit.

4.    Untuk menuju menu pilihan setingan power pada layar utama atau desktop klik kanan lalu pilih properties, lalu pilih tabulasi screen saver dan tekan tombol yang bertuliskan power. Cara lainnya yaitu dari menu kontrol panel di windows explorer pilih power options.

5.    Bila kotak pilihan seting tenaga listrik sudah terbuka kita tinggal setting sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi dan kebutuhan kita. Misalnya untuk turn off monitor, kita bisa mematikan monitor secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 15 minutes berarti layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer. Turn off hard disks. Artinya, kita bisa mematikan semua hard disk secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya after one hour berarti semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di computer

Bisa dipilih pula sistem standby. artinya bisa mematikan sementara sistem komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya, after two hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah dua jam tidak ada aktivitas di komputer. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang. Langkah lain adalah mengaktifkan system hibernate. Yang bisa dilakukan mematikan komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.

6.    Untuk mengaktifkan kembali coba goyang atau klik di mouse. Jika tidak bisa coba tekan tombol di keyboard. Jika ternyata power mati coba tekan tombol power di CPU komputer kita.

Mudah bukan cara untuk menghemat penggunaan energy, mari kita langungkan kebiasaan berhemat energi sejak dini, agar nanti anak cucu kita dapat merasakan hal yang sama kita dapatkan saati ini.

Diatas merupakan Tips Menghemat Listrik Pada Komputer dari efektips.com, semoga berguna bagi pembacanya, Terimakasih.

Sumber : listrikindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>