Usiamu yang kini sudah memasuki usia kepala dua, tentu sudah memiliki tanggung jawab yang lebih dan terus bertambah. Kamu yang sudah memasuki usia 20-an sudah mulai dianggap telah masuk menuju ke gerbang kedewasaan. Sehingga, kamu tidak lagi menjadi sosok yang menggantungkan diri kepada orangtua, sekarang kamu mulai dituntut untuk bisa memimpin hidup sendiri. Salah satunya adalah kamu diwajibkan bisa untuk mengatur keuanganmu seorang diri.

Yuk lakukan tips berikut agar kamu bisa menjadi anak muda yang sukses dan mandiri;

1. Buatlah Daftar Pemasukan dan pengeluaran

orang-menulis

Wajib lho untuk kamu memiliki daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan membuat daftar pengeluaran dan pemasukan, ini merupakan trik untuk kamu agar bisa mengendalikan uang yang keluarkan setiap harinya. So, dari daftar yang kamu buat ini, kamu lebih memahami benar berapa jumlah yang kamu hasilkan serta berapa besar pengeluaranmu di setiap bulannya. Usahakan supaya kamu tidak menghabiskan uang demi kebutuhan yang sebenarnya kamu tidak memerlukannya.

Dengan begini kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Ingat ya sobat efektips, belilah barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan, bukan barang-barang yang kamu inginkan.

2. Utamakan Kewajiban Untuk Melunasi Cicilan

manfaat-sedekah

Sebelum mulai menghabiskan uang bulanan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan, kamu tentunya harus mengutamakan cicilan yang harus dibayarkan. Mulai dari membayar sewa kos, listrik, cicilan motor, hingga angsuran tabungan, haruslah diutamakan. Barulah jika masih memiliki uang sisa, kamu bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan tersiermu. Memprioritaskan kewajiban utamamu di atas segalanya merupakan kunci penting supaya kamu bisa sukses mengatur keuangan sendiri.

3. Miliki Asuransi Kesehatan

Walau selalu sehat dan masih tergolong berusia muda, memiliki asuransi kesehatan sedari sekarang merupakan kebutuhan utama

81hukum-fiqih-asuransi-kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan hal penting yang harus kamu miliki di usiamu yang sudah menginjak kepala dua. Meskipun kamu masih tergolong masih sangat muda dan sehat, akan tetapi tidak ada salahnya loh untuk kamu memiliki asuransi untuk pencegahan hal-hal yang belum bisa kita duga kedepannya nanti. Bukan hanya sekedar mandiri karena sudah memiliki pemasukan sendiri, dengan memiliki asuransi kamu lebih aman karena sudah memiliki dana cadangan untuk mengcover biaya kesehatanmu. Sehingga ketika nanti jatuh sakit, kamu tidak perlu merasa sulit untuk mengeluarkan biaya yang tak terduga.

Jadi, dengan asuransi kesehatan kamu tidak memiliki beban yang berat bukan? kamu tidak lagi memikirkan/ merasa pusing karena harus mengeluarkan biaya besar ketika kamu jatuh sakit.

4. Tidak Berhutang

hutang

Selain untuk menghindari sifat boros, kamu juga perlu loh untuk menghindari kebiasaan berhutang demi membuat perekonomianmu tetap seimbang. Perlu kamu ketahui bahwa, kebiasaan berhutang membuatmu tidak menjadi anak muda yang mandiri. Karena, kamu masih mengandalkan orang lain untuk mengcover biaya yang kamu butuhkan. Nah, untuk menghindari kebiasaan berhutang, sebaiknya kamu lebih bisa mengutamakan kebutuhan pokok ya.

5. Belilah Barang-Barang yang Terjangkau, Sesuai Isi Kantongmu

belanja-kebutuhan

Hindari membeli barang yang tidak sesuai dengan kemampuanmu/ isi kantongmu. Nah, jika kamu ingin membeli barang-barang yang kamu inginkan, tentunya kamu harus terlebih dahulu mengukur kemampuanmu sobat efektips. Usahakan untuk membeli barang yang memang benar-benar terjangkau dengan isi kantongmu. Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol keuanganmu dengan baik, jadi pemasukanmu selama sebulan benar-benar bisa kamu kelola dengan baik.

6. Lakukan 2 atau 3 Kali Saja dalam Sebulan untuk Berkumpul Bersama Teman-Temanmu

kumpull

Menyenangkan diri dengan berkumpul-kumpul bersama teman-temanmu tidak ada salanya kok. Demi tetap terjaganya hubungan baik antara kamu dengan teman-temanmu. Akan tetapi, kamu juga perlu memiliki siasat sendiri lho, supaya kegiatan kumpul-kumpul dengan teman-temanmu tidak menjadikan pendapatan bulananmu terkuras habis jadi kamu perlu atur waktu berapa kali dalam sebulan kamu ikut kumpul-kumpul bersama teman.

Agendakan dengan baik kapan akan nongkrong di tempat makan mahal hingga nonton bersama pacar. Buatlah jadwal supaya kegiatan bersenang-senang bersama teman-temanmu tetap bisa dikendalikan. Misalnya kamu bisa atur waktu dalam sebulan, kamu atur dua kali saja untuk kumpul. Nah, dengan begini kamu masih tetap bisa bersenang-senang sekaligus uang simpananmu tetap aman bukan?

7. Cari Tempat Kos dengan Harga Terjangkau

Karena sekarang kamu masih berusaha menabung sekaligus memenuhi kebutuhan, tak perlu mencari kos dengan fasilitas berlebihan. Harga terjangkau dengan suasana nyaman tentunya sudah cukup dijadikan pilihan.

Desain Warna Cat Kamar Tidur Kost dan Tips Menata 3

Jika kamu memang jauh dari kedua orang tua, dan kamu sedang berkuliah, ataupun bekerja. Sehingga kamu harus mengekost, jadi usahakanlah untuk tidak mencari kamarkosdengan fasilitas berlebihan. pilihlan tempat kos dengan suasana yang nyama dan harga yang terjangkau. Ini harus kamu lakukan untuk mengumpulkan pindi rupiah sekaligus menabung demi masa depan. Jadi bergaya hidup sederhana itu penting lho. Berfokuslah pada masa depanmu, sehingga kamu bisa melewati semua hal yang sulit.

8.  Sisihkan Uang Untuk Orang Tuamu dan Untuk Membangun Rumah Impianmu

6400843-Chicken_Grandma_-_Grandpa-0

Kedua orang tuamu adalah orang yang paling berjasa dikehidupanmu selama ini, mereka yang telah mendidik, membesarkan dan membiyai sekolahmu. Jadi, ketika kamu sudah memiliki pendapatan sendiri setiap bulannya dari hasil kamu bekerja, kamu juga perlu memikirkan bagaimana keadaan masa depan orangtuamu. Membuat bangga kedua orangtua tentu menjadi prioritas bagi setiap anak. Dan, tentu kamu memiliki banyak gambaran tentang masa depanmu. Menabunglah untuk memenuhi keinginan/ harapan di masa depanmu kelak. Menabung merupakan investasi yang mudah untuk menyusun pondasi masa depanmu.

Sisihkan pendapatan bulananmu untuk orangtuamu, kamu bisa sisihkan Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk mereka. Jika jumlahkan dalam setahun kamu sudah memiliki Rp 600.000 – Rp 1.200.000 dana untuk orangtua. Tabungan ini bisa digunakan untuk keperluan mendadak jika orangtua sedang jatuh sakit ataupun memenuhi kebutuhan mereka lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk menabung 25% atau lebih dari pendapatanmu setiap bulannya untuk simpanan. Uang yang kamu simpan setiap bulannya, bisa sangat berguna untuk masa depanmu kelak. Tabunganmu bisa membantu kamu untuk membeli rumah, liburan, kendaraan pribadi, dsb.

So, dengan melakukan trik di atas kamu bisa menjadi anak muda yang sukses dan mandiri. Kuncinya adalah kamu harus mengendalikan diri ketika banyak barang-barang yang kamu inginkan. Konsistenlah dalam menyisihkan gajimu setiap bulannya untuk di tabung. Ketika kamu sudah melakukannya dengan baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang tidak terduga.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>