efektips-mata-sehat

 

Di era teknologi yang canggih seperti sekarang ini banyak orang menghabiskan sebagian waktunya dengan komputer dan gadget. Dalam runtinitas kantor saja setiap pekerja bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam dengan duduk di depan komputer. Hal ini tentu dapat mengakibatkan gangguan pada mata karena dengan menatap layar komputer lebih dari dua jam sehari tanpa istirahat saja, seseorang sudah berpotensi mengalami apa yang disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS)Computer Vision Syndrome adalah keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. Hal ini biasa terjadi karena sistem pencahayaan yang kurang, aktivitas mata yang jarang berkedip ataupun posisi duduk yang salah atau tidak benar.

Berikut ini tips yang mungkin dapat berguna bagi Anda untuk mencegah dan mengurangi kelelahan pada mata.

1. Pejamkan Mata Sejenak

Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua atau tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata. Jika Anda memiliki waktu senggang sebaiknya pejamkan mata selama beberapa saat.

2. Beristirakatlah 10 Sampai 15 Menit

Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital, gunakan cara yang jauh mudah yaitu meluangkan waktu antara 10 sampai dengan 15 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat meja kerja anda. Aktivitas tersebut ternyata dapat memungkinkan mata Anda untuk bisa beristirahat.

3. Pencahayaan Warna

Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.

4. Lokasi Layar Komputer dan Duduk

Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bola mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer anda 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer Anda. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku Anda.

5. Buah Timun 

Buat timun dapat memberikan manfaat bagi mata. Jika Anda ingin merelaksasi kedua bola mata Anda sebaiknya mengunakan buah timun sebagai tahap penyembuhan. Dalam posisi berbaring, gunakan timun dan tempelkan di kedua mata. Sebaiknya timun terlebih dahulu disimpan dalam lemari les. Cara ini sangat mudah utnuk membuat mata menjadi lebih fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>