Sedari dulu Transportasi umum sudah dikenal oleh banyak orang, namun sekarang keberadaannya seperti ‘dianak tirikan’. Orang-orang sekarang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Nyatanya naik kendaraan pribadi hanya menambah tingkat kemacetan di suatu daerah. 

Sebagai contoh Jakarta dan tetangganya Bekasi, udah tau keadaan jalan gitu gitu aja, masih sedikit orang yang beralih ke kendaraan umum. Berikut Alasan kenapa naik kendaraan umum lebih menguntungkan. Kalau sudah tau coba coba deh beralih ke kendaraan umum ya.

1. Lebih Disiplin Waktu

Kok disiplin waktu? Iya karena kalau kalian naik kendaraan umum (re: Angkot, Bis, atau Kereta) gaakan nungguin kalian mereka sudah punya jadwalnya masing-masing jadi kalo ketinggalan harus nunggu yang selanjutnya. Dan juga, kendaraan umum memiliki rute yang telah ditentukan jadi ga seenak kita mau minta lewat mana, ga kayak kendaraan pribadi yang bisa pergi kapan saja dan ke arah manapun sesuka kita.

Kesimpulannya, naik kendaraan umum mengharuskan kita disiplin waktu, karena kita harus memperhitungkan jadwal kendaraan umum itu lewat, macet atau tidaknya rute yang kita lalui, dan tempat tempat berhenti kendaraan tersebut.

2. Kamu adalah Pejuang

Pejuang kejar-kejaran sama kendaraan umum kalo udah telat berkegiatan, dan juga pejuang untuk menahan rasa pegal karena harus berdiri selama perjalanan.

3. Olahraga!

Karena kendaraan umum ga selalu berhenti di dekat rumah. Bagi orang yang jalanan rumahnya ga dilewati kendaraan umum, ya harus jalan kaki. Atau yang telat seperti tips diatas, harus rela lari untuk mengejar.

4. Membagi sebagian Rezeki

Masih pusing buat berbagi? Coba naik kendaraan umum. Dengan membayar tariff yang sesuai kalian turut membantu perekonomian para supir. Karena pada dasarnya mereka juga berkarya untuk menghidupi keluarganya. Begitu juga dengan berbagi tempat duduk untuk yang lebih membutuhkan.

5. Mengurangi Kemacetan.

Ya emang sih ga terlalu berasa dampaknya, tapi percayalah kalo kamu membiasakan diri dan juga meneruskan campaign ini niscaya dampaknya akan semakin terasa oleh kita semua. Ga usah jauh jauh kita contoh saja tetangga dekat negara kita, Singapur, dengan sadarnya penduduk disana untuk menggunakan transportasi umum, ibukota mereka tidak sesesak Ibukota kita.

 

Jadi gengs, yuk mulai gunakan kendaraan umum, apalagi pemerintah sedang giat-giatnya membangun sarana transportasi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>