Setiap manusia yang sudah memiliki pendapatan pasti akan berhadapan dengan problem mengatur keuangan, setuju?Jika kamu setuju, jangan khawatir sis, kamu ga sendiri.

Ada banyak sekali di luaran sana yang juga mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan.

Apalagi dengan adanya diskon-diskon super heboh, biaya-biaya tambahan tak terduga, membuat pengeluaran jadi tidak terkendali.

Jangan stress sis! Berikut tips yang ampuh untuk mengontrol keuangan kamu.

1. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan kamu setiap bulannya untuk ditabung dan 20% untuk investasi.

Berapapun Pendapatan kamu, Sebaiknya sisihkanlah untuk menabung minimal 10% dari pendapatan dan 20% untuk investasi baru selebihnya untuk konsumsi. Investasi 20% bisa kamu wujudkan dalam bentuk apapun, namun diusahakan investasi yang kamu pilih bersifat produktif. Jadi investasi membuat kamu mendapatkan penghasilan bukan menambah biaya.

2. Buatlah daftar urutan pengeluaran bulanan

Daftar pengeluaran bulanan sangat penting agar kamu tidak membelanjakan uang  untuk hal yang tidak perlu. Urutkan sesuai tanggal kapan dana itu akan dikeluarkan.

3. Isilah pos belanja kamu sesuai nominal yang dianggarkan

Setelah terima gaji, apabila telah dikurangi untuk tabungan dan investasi, buatlah pos pos pengeluaran dengan menyediakan Amplop sesuai jumlah pos pengeluaran kamu. Tulislah nama-nama pos pengeluaran dan jumlah uang yang kamu anggarkan pada bagian depan Amplop. Isi nominalnya sesuai yang tertulis di Amlop. Misalnya kamu memiliki pos pengeluaran untuk uang saku anak, tagihan motor, tagihan listrik, belanja gas, bayar sekolah anak, dana sosial, belanja bulanan, dll, semua harus masuk pada amplop masing-masing bila perlu lebih detail misalnya untuk belanja bulanan.

4. Jika mendapatkan bonus pergunakan maksimal 50 persen dan sisanya ditabung.

Mungkin ini sulit dan kelihatannya berlebihan tapi ini adalah cara cerdas agar kamu bisa terhindar dari hutang. Ketika kebanyakan orang mendapatkan bonus untuk bersenang-senang tapi kamu yang cerdas sebaiknya gunakan bonus untuk bersenang-senang setengahnya saja dan setengahnya dimasukkan tabungan.

5. THR atau gaji ke 13 sebaiknya digunakan untuk menambah tabungan bukan sebaliknya.

Kebanyakan orang beranggapan THR atau Gaji 13 adalah gaji Ekstra, karena kita masih terima gaji bulanan. Salah, apabila kebutuhan sehari-hari sudah cukup dibiayai dengan gaji bulanan, kenapa kamu harus menghamburkan uang lagi? Gunakanlah THR atau gaji 13 kamu untuk menambah tabungan sehingga tabungan semakin bertambah dan rencana-rencana besar  lebih cepat terwujud.

 

Salam sukses sis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>