kr

Memiliki gigi bersih merupakan impian setiap orang, namun jika karang gigi sudah menempel dengan pekat bisa menjadi masalah bagi semua orang. Munculnya karang gigi biasanya disebabkan oleh sisa makanan atau minuman yang tertinggal di gigi, dan akhirnya akan menimbulkan noda kuning maupun hitam di sekitar gigi. Karang gigi yang dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan gigi keropos dan rusak, ini tentunya merupakan suatu permasalahan yang sulit untuk diatasi.

Timbulnya karang gigi terkadang membuat kita tidak nyaman serta tidak percaya diri untuk memberikan senyum indah, namun pada umunya setiap orang pasti rentan memiliki karang gigi. Sekarang sudah banyak layanan jasa yang menawarkan produk-produk pembersih karang gigi yang mudah dan cepat, ini merupakan solusi untuk anda agar mendapatkan gigi indah kembali. Tetapi alat/produk yang digunakan layanan jasa biasanya akan memberikan efek samping bagi pengguna, ini alasan yang sering muncul jika orang lebih memilih untuk tidak menggunakan layanan jasa.

Memakai bahan-bahan yang alami merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan karang gigi, berikut 8 cara menghilangkan karang gigi:

  •  Rajin Menggosok Gigi

Langkah paling mudah untuk menghilangkan Karang gigi adalah dengan rajin menggosok gigi setiap hari, rutinnya menyikat gigi akan menghilangkan sisa-sisa makanan yang menjadi pemicu awal pembentukan karang gigi. selain itu manfaat membersihkan gigi dengan rutin akan membuat kekohan gigi sehingga tidak mudah rapuh. Gosoklah gigi anda minimal sehari 2 kali dan setelah mengkonsumsi makanan.

  •  Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pemilihan pasta gigi secara selective sangat bagus untuk dilakukan, pilihlah pasta gigi yang mengandung zat Fluroid atau tartar control karena terdapat zat yang sangat ampuh untuk membersihkan karang gigi anda.

  •  Flossing

Penggunaan flossing dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang terselip dan dapat membunuh kuman yang memicu tumbuhnya karang pada gigi.

  •  Mengkonsumsi Apel

Selain bermanfaat untuk tubuh, buah apel juga memiliki fungsi lain yaitu membersihkan karang pada gigi. Mengkonsumsi apel tentunya tidak akan merepotkan karena terdapat banyak manfaat dari buah ini, kandungan zat-zat didalam buah apel dapat dengan mudah menghilangkan karang gigi karena mengandung vitamin C. Mengkonsumsinya secara rutin merupakan cara terbaik untuk hasil yang maksimal.

  •  Mengkonsumsi Melon

Kandungan serat alami didalam buah melon dapat memudahkan anda untuk memproduksi air liur sehingga kebersihan mulut anda akan tetap terus terjaga.

  •  Mengkonsumsi Air Putih

Rajin mengkonsumsi Air putih akan memberikan manfaat yang banyak untuk nutrisi tubuh seperti membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari secara rutin akan menghilangkan plak-plak di gigi, jangan lupa untuk berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.

  •  Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ini merupakan jargon yang paling ampuh untuk diterapkan. Mengurangi makanan dan minuman yang menjadi pemicu timbulnya karang gigi merupakan cara yang tepat, karena kita tidak perlu repot-repot untuk membersihkan noda yang menempel di gigi. Makanan atau minuman yang terbuat dari gula akan menimbulkan plak-plak disekitar gigi dengan cepat, makadari itu pintar-pintarlah untuk memilih jenis makanan.

  •  Memeriksa Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Pasien yang mengunjungi dokter gigi biasanya mereka yang sudah mengalami kerusakan-kerusakan pada gigi nya, padahal dokter sudah sering menyarankan untuk memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali secara teratur agar terhindar dari kerusakan. Ketika pasien mengalami sakit pada gigi yang sudah parah, dokter dengan mudah akan mengatasinya begitu juga dengan karang gigi.

Merawat gigi merupakan cara yang paling baik untuk dilakukan karena akan memberikan banyak manfaat, mencegah lebih baik. Tips diatas dapat membantu anda untuk mendapatkan gigi yang indah dan terbebas dari karang gigi yang menganggu, selamat mencoba.

 

Sumber: kesehatangigi.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>