Banyak wanita yang memiliki problem ketika haid datang di setiap bulannya. Merasa perut kram, kembung, badan pegal-pegal dan kepala pusing. Dan beberapa orang di sekitarmu bisa jadi sasaran akan kemarahanmu yang datang secara tiba-tiba. Meskipun kamu merasa bahwa datang bulan kadang menyiksa, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya siklus hormonal ini bisa diatasi dengan baik jadi kamu tidak akan merasa jengkel ataupun mudah kesal sepanjang waktu.

Sebaiknya kamu bisa mengontrol emosimu dengan baik saat datang bulan tiba. Nah, adapun yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi setiap PMS datang setiap bulannya. Berikut adalah makanan yang wajib ada saat datang bulan, supaya siklus bulanan kamu tidak menyiksa lagi;

1. Konsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

sarapan-buah-buahan-baik-atau-buruk

Saat datang bulan tubuh kamu akan mudah dehidrasi karena kamu mengeluarkan lebih banyak cairan. Untuk  mengindari agar kamu tidak dehidrasi, sebaiknya kamu makan buah-buahan yang mengandung banyak air serta berserat. Seperti; Jeruk, anggur, juga semangka. Nah, dengan buah yang mengandung banyak serat akan ikut membantu mengatur keluarnya cairan dalam tubuh sehingga nyeri haid bisa teratasi.

2. Konsumsi Sayur-sayuran

broccoli

Ketika datang bulan terjadi perubahan hormonal yaitu membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak dan kadang timbul jerawat yang tak terduga. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengkonsumsi sayuran yang berdaun gelap seperti; brokoli, sawi, dan bayam. Karena sayuran tersebut mengandung vitamin A yang baik unuk mengatur kelembaban kulit kamu.

Selain itu buah-buahan yang memiliki daging berwarna kuning seperti; nanas, labu, dan nangka juga bisa menjaga kadar minyak dalam kulit. So, kamu tak perlu khawatir lagi karena wajah berminyak dan berjerawat saat datang bulan.

3. Minumlah Teh dengan Aroma Mint dan Jahe

Teh-Mint

Nah, saat kamu mengalami kram pada perut sebenarnya adalah otot-otot dalam rahimmu mengencang dan hendak kembali ke ukuran semula. Karena pada saat masa suburmu, rahim melebar dan mempersiapkan dirinya untuk menyambut kehamilan. Dan ketika tidak terjadi kehamilan, maka dinding rahim akan luruh dan kembali ke ukuran semula.

Saat kram perut terjadi, kamu perlu menggunakan air hangat untuk mengompres, serta minumlah teh yang beraroma mint atau jahe karena dapat menghangatkan perut.

Kamu perlu ketahui, usahakan untuk menghindari minum kopi secara berlebihan. Karena kopi dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan bisa dipastikan kram perutmu akan semakin menjadi-jadi. Namun apabila minum kopi justru bisa membantumu lebih rileks, pastikan untuk tidak minum lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya selama kamu menstruasi ya, sobat efektips. 🙂

4. Makanlah Makanan yang Mengandung Serotonin untuk Mengontrol Perubahan Emosi

kacang

Serotonin merupakan hormon yang dipercaya menjadi sumber rasa nyaman dan senang. Ketika datang bulan produksi hormon serotonin mengalami fluktuasi yang tidak menentu jadi hal ini berpengaruh pada suasana hatimu. Jadi inilah sebabnya mengapa kamu selalu marah-marah tidak jelas ketika menstruasi berlangsung, karena tubuh tidak memproduksi hormon serotonin dalam jumlah cukup sehingga kamu selalu merasa tidak nyaman sepanjang hari.

Nah, meski produksi hormon serotoninmu lagi naik turun ketika datang bulan, kamu masih bisa mendapatkan makanan yang membantu produksi serotonin seperti; kacang-kacangan dan telur. Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, edamame, dan kacang hijau adalah salah satu contoh makanan sederhana penghasil serotonin. Jika kamu mengonsumsi dalam jumlah cukup, maka badmood akan pergi jauh-jauh deh. 🙂

5. Makanan yang Mengandung Omega 3

Manfaat-makan-ikan

Pernahkah kamu merasa pegal dan nyeri di bagian tubuh tertentu seperti persendian? Nah, untuk mengurangi rasa nyeri itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat omega 3 seperti ikan lele, salmon, dan tuna. Dan jangan lupakan juga buah alpukat yang mengandung magnesium.

Omega 3 bisa mengurangi tingkat stress saat menstruasi tiba. Selain itu zat omega 3 juga berperan penting dalam membantu penyerapan vitamin ke dalam tubuh. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sirkulasi darah dan pembekuan darah.

Nah, semoga kamu bisa mengatasi hal-hal yang terjadi saat datang bulan ya. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam mengatasi problem saat datang bulan tiba. Selamat mencoba 🙂

sumber: elle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>