Sobat efektips tentu kamu tahu bahwa sayuran dan buah-buahan adalah dua jenis makanan yang memiliki segudang manfaat. Karena penuh nutrisi dan vitamin, jelas saja jika sayur dan buah menjadi makanan wajib yang perlu dikonsumsi setiap hari. Dan salah satu sayur sehat yang perlu ada di daftar menu makanan kamu sehari-hari adalah sayur brokoli.

Dikutip dari livescience.com, sayur brokoli memiliki segudang manfaat mengejutkan sekaligus mengagumkan untuk tubuh. Yuk simak manfaat sehat dari kebiasaan mengonsumsi sayur brokoli, kamu wajib untuk mengetahuinya, sebagai berikut;

1. Mencegah Kanker
Study membuktikan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin pada brokoli mampu membunuh sel jahat penyebab kanker dalam tubuh. Brokoli adalah sayuran yang masuk ke dalam jenis cruciferous dimana sayuran jenis ini sangat efektif membunuh sel kanker. Penelitian yang dilakukan di American Cancer Society mencatat bahwa, brokoli mengandung nutrisi yang disebut sulforaphane dan indole-3-carbinol dimana nutrisi ini mampu bertindak aktif sebagai antioksidan.

2. Mengobati Kolesterol
Seorang peneliti bernama Jarzabkowski dari American Cancer Society mengatakan bahwa brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa nutrisi yang terkandung pada brokoli dipercaya mampu mengikat kolesterol dalam darah hingga menjadikannya selalu terjaga dan sehat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Nutrisi berupa sulforaphane pada brokoli dipercaya membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga pembuluh darah dalam tubuh agar selalu sehat serta terjaga. Bukan hanya itu saja, nutrisi pada sayur brokoli juga dipercaya mengatasi masalah gula darah dan masalah kesehatan lain.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Apabila kamu ingin memiliki mata sehat usahakan untuk konsumsi sayur brokoli. Kandungan  lutein karotenoid yang ada di dalam brokoli sangat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan mata. Sama seperti wortel, brokoli juga kaya akan vitamin A sehingga tidak heran jika sayur hijau satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Sobat Efektips, itulah manfaat dari sayur brokoli. Selain manfaat di atas, ternyata brokoli memiliki manfaat lainnya loh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang, menyehatkan sistem saraf dan mengatur tekanan darah. Jadi, mulai sekarang usahakan memasukkan brokoli ke dalam menu makanan kamu sehari-hari ya. Meskipun kamu kurang menyukai sayuran hijau tersebut, ada baiknya kita mencoba untuk mengkonsumsi sayur brokoli dan rasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat ya, salam sehat 🙂

Sumber: vemale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>