Bagaimana cara membuat blog yang benar dan banyak di kunjungi? Pertanyaan itu mungkin sudah tidak asing lagi. Karena di jaman sekarang sudah banyak blog-blog baru yang bermunculan setiap hari, dan banyak juga berbagai konten-konten yang menarik. Sebenarnya pembuatan blog sangat mudah dan tidak menyita banyak biaya. Jaman sekarang sudah banyak tutorial di internet dan videonya di Youtube, bahkan di Toko bukupun sudah banyak buku secara teknis menjelaskan step by stepnya. Tapi disayangkan tidak semua di bahas pentingnya membuat konsep dulu sebelum membuat blog.  Sebenarnya ini sangat penting agar target yang diinginkan tercapai. Tips Berikut di kutip dari duniatips.com.

Yuk lihat apa saja cara membuat blog agar sesuai target yang diinginkan!

  • Tujuan Membuat Blog

blogger

Tidak sedikit orang membuat blog hanya untuk mencapai kepopuleran semata. Walaupun hal itu sah-sah saja. Selama pemilik blog dapat menanggung jawabkan apa yang telah di sharenya. Ada juga blog yang bertujuan untuk bisnis dengan menawarkan dan menjual produk-produk. Selain itu banyak juga blog yang bersifat jurnal pribadi, media informasi dan lain sebagainya. Anda bisa memilih WordPress, Blogspot atau penyedia blog gratis lainnya. Sebaiknya Anda punya tujuan dan konsep, blog Anda akan bisa di kelola dengan baik.

  • Konten Blog

SEARCH

Prinsip dari blog sendiri ialah, konten yang informatif, konten yang dibutuhkan para pembaca. Walaupun blog tersebut biasa saja dengan tampilannya tetapi banyak sekali yang menarik untuk dibaca. Alasannya karena isi yang betul-betul menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. Cantumkan alamat atau sumber asal konten jika Anda menguntip dari kontent yang sudah ada. Hal itu sudah menjadi konsep dasar dari aktivitas blogging.

  • Desain Blog

Membuat-Tampilan-Blog-Menarik

Banyak Bloger yang menganggap bahwa desain blog merupakan hambatan dalam membuat blog. Sebenarnya Anda tidak perlu bingung karena sekarang Anda dapat mengubah dan memodifikasi tampilan blog Anda secara mudah. Anda dapat menambahkan  desain tambahan seperti Logo atau Banner di halaman utama. Tapi harus di pastikan kalau Anda membuatnya sendiri atau dapat meminta bantuan orang lain. Jangan pernah untuk mengambil desain orang lain tanpa seizin atau sepengetahuan mereka.

  • Promosikan Blog

Social media communication

Anda dapat mempromosikan blog Anda karena itu dapat meningkatkan trafik pembaca. Anda dapat mempromosikan lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Path, atau media-media yang lain. Pastikan konten Anda sesuai untuk sekeliling Anda. Jangan sampai konten yang Anda buat dan Anda bagikan malah akan mengganggu teman-teman Anda di jejaring sosial. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut dan lakukan dengan cara yang lebih kreatif.

Pilihlah cara membuat blog WordPress atau Blogspot. Sebenarnya ada banyak blog yang bisa Anda kelola secara gratis atau dengan membayar nama domain dan hosting. Pilihan kedua dapat Anda pilih karena Anda akan punya reputasi melalui blog berbayar dan menggunakan nama sendiri. Ingat sebelum membeli domain, pastikan bahwa blog Anda memang layak untuk dipublikasikan. Jangan sampai Anda membuat diri Anda rugi karena sudah mengeluarkan uang tetapi Anda tidak dapat menyediakan konten-konten yang menarik.

Anda harus konsisten dalam menulis blog. Hal ini merupakan hal tersulit dan berat, apalagi di barengi dengan kegiatan Anda yang padat. Hal yang paling baik membuat blog adalah tidak menulis konten yang terlalu panjang dan bermuatan berat.

  • Jadikan Blog Anda Mesin Uang

mesin uang

Blog tidak hanya untuk di baca oleh banyak orang tetapi membuat blog juga dapat menghasilkan uang. Jika blog Anda bagus dan banyak pengunjungnya maka Anda dapat mendaftarkan blog Anda pada iklan Google Adsense. Nanti Anda akan mendapat pemasukan Dollar dari Google. Perlu di ingat bahwa blog Anda harus bagus dan terkonsep.

Cara tersebut merupakan cara yang mudah untuk dilakukan dan ini merupakan prospek bisnis yang besar. Jadi tunggu apalagi? Yuk kita coba!

Semoga bermanfaat dan memotivasi Anda. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>