Brand-Indonesia-Yang-MengGLOBAL-6

Media sosial tidak hanya membuat kita aktif berkomunikasi dengan sahabat, rekan kerja atau kerabat yang tinggal berjauhan. Lebih dari sekedar fungsi komunikasi, banyak pula brand bisnis yang sukses menggunakan #media sosial sebagai sarana marketing modern. Lantas hal apa yang kita harapkan saat mem-follow akun media sosial suatu brand?

Kita tentu tidak puas dengan informasi seputar produk terus menerus. Karena brand bisnis yang modern dan konseptual akan menyajikan beragam informasi lain di luar produk yang dipasarkan. Hendaknya strategi tersebut dipahami dan dicontoh oleh sejumlah brand bisnis baru yang sedang giat melakukan proses marketing. Trik marketing yang bisa dipelajari dari sejumlah brand ternama yaitu:

1. Brand yang Punya Passion dan Visi yang Jelas

cristiano-ronaldo-nike-cr-mercurial-vapor-superfly-iii

Passion dan visi yang jelas akan membawa suatu brand bisnis kepada proses marketing yang smooth namun tetap efektif. Brand tersebut tidak perlu bersikeras untuk mengunggul para kompetitornya dengan berbagai cara. Karena hanya butuh cara khusus yang efektif untuk menjangkau pangsa pasar yang mereka inginkan.

bogasari_profpic_twitt_2_

Salah satu contoh konkret yang bisa kita lihat adalah tentang salah satu brand penghasil tepung terigu Bogasari yang rajin menggunakan dan meng-update media sosial. Brand tersebut biasanya memanfaatkan beragam media sosial mulai dari #Facebook, #Twitter hingga #Instagram untuk sekedar melakukan diskusi ringan dengan para pengguna media sosial atau melakukan update resep-resep makanan lezat secara teratur.

Contoh nyata lainnya adalah brand Nike yang konsisten dengan konsep olahraga atletik. Mengingat olahraga atletik, tentu juga membuat kita ingat akan brand sepatu yang satu ini. Selain itu trick Nike dalam menggandeng media sosial sebagai alat promosi adalah dengan rutin memposting foto atlet ternama yang sedang menggunakan apreal merek tersebut. Hal tersebut tentu mampu menjadi mantra tersendiri bagi penggemar atau siapa saja yang bergelut di olahraga yang sama untuk mencoba produk layaknya sang idola.

2. Menciptakan Identitas Branding yang Khas

290620111326

Identitas branding yang khas dan unik akan membuat semua orang terus mengingat brand bisnis yang kita populerkan. Tengok saja konsep keripik Maicih yang menghadirkan produk kuliner keripik singkong pedas dengan varian level pedas.

Tidak hanya mengusung konsep produk yang unik, Maicih juga berupaya untuk melakukan trik marketing yang unik, yakni dengan “bergentayangan” dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Informasi mengenai penjualan keripik Maicih hanya bisa diakses melalui Twitter. Kedengarannya tentu sangat unik kan?

Semua orang yang sudah mengobati rasa penasarannya terhadap produk kuliner Maicih akan mengenang produk tersebut sebagai salah satu brand yang mampu menciptakan identitas yang unik dan original. Bila bisnis sekelas Maicih sukses memperbesar brand-nya melalui cara yang simpel, tentu saja brand besar lainnya juga dapat berupaya melakukan hal yang lebih kreatif lagi.

3. Tampilkan Brand Secara Transparan

lif3newj

Brand yang menjalankan proses bisnis secara jujur tentu tidak segan-segan untuk memperlihatkan proses nyata tersebut kepada para pelanggan dan pengguna media sosial lainnya. Keberhasilan menampilkan brand secara transparan sudah dipraktekkan oleh IBM dengan keberhasilannya menaungi 32.000 blog individu milik para karyawannya. Dari blog individu tersebut, informasi seputar perkembangan teknologi terbaru berhasil dibagikan kepada seluruh pengguna internet dunia.

Menampilkan brand secara jujur dan transparan juga dilakukan oleh salah satu brand donat populer di Indonesia, J.Co. Dengan mengetengahkan konsep open kitchen yang belum pernah digunakan oleh para kompetitor di bidang sejenis, J.Co berhasil meraih perhatian masyarakat dan akhirnya mulai mengungguli persaingan di bidang bisnis donat. Konsep open kitchen memperlihatkan bahwa produk donat J.Co menggunakan bahan baku berkualitas dan diolah dengan SOP (Standar Operation Procedure) yang jelas.

Ketiga poin mengenai trik marketing tersebut perlu dijalankan untuk memperjelas strategi media sosial yang hendak dijalankan. Mulai mengelola tim media sosial khusus juga bisa menjadi langkah yang baik untuk memulai proses marketing secara modern.

Sudah saatnya bagi kita untuk mengelola brand bisnis dengan trik marketing dan pemanfaatan media sosial secara modern. Bersikap terbuka dengan perkembangan zaman bisa menjadi kunci kesuksesan suatu brand di masa mendatang. Have a great business!

Sumber: https://www.maxmanroe.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>