tertawa

Banyak hal mudah yang dapat dilakukan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti tertawa. Ternyata tertawa juga memiliki efek positif bagi kesehatan kamu. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Cynara Coomer, seorang ketua dari Breast Surgery & Director dari Comprehensive Breast Center di Staten Island University Hospital bahwa ada berbagai manfaat tertawa. Berikut ini manfaat tertawa untuk kesehatan kamu:

1. Tertawa sebagai olahraga
Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah kamu mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa kamu akan benapas lebih cepat.
Selain itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

2. Meningkatkan imun
Apakah kamu tahu? bahwa tertawa ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres dapat memperkuat kekebalan tubuh.
Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat ketika kamu tertawa.

3. Baik untuk hati
Selanjutnya, penelitian di California, Amerika Serikat, menemukan bahwa dengan menonton acara humor di TV dapat meningkatkan 26 persen kolestrol baik dalam tubuh. Penelitian ini juga dilakukan oleh para penderita diabetes, yang berhasil menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan menonton acara humor.

4. Baik untuk kesehatan mental
Tertawa membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

5. Mengurangi rasa sakit
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis kamu, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

Nah, itulah  beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan. Jangan terlalu serius menghadapi hidup. Anda juga harus mencari hiburan dan membiarkan diri Anda tertawa lepas. Karena tertawa tak hanya menyehatkan otak dan jiwa, melainkan juga baik untuk tubuh kamu. Semoga bermanfaat, salam sehat. 🙂

 

 

sumber: wolipop.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>