tubuh-sehat

Masalah pencernaan akan sangat mengganggu kegiatan, khususnya setelah mengonsumsi makanan pedas atau berminyak. Untuk mengatasi perut yang kurang nyaman, Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan dan diet sehat berikut ini.

1. Jalan-jalan Sebentar 

Setelah makan banyak, berjalan-jalan sebentar akan lebih baik ketimbang hanya duduk atau tidur. Selain bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan, berjalan santai juga membantu perut lebih mudah mencerna makanan dan mencegah tubuh menyimpan lemak.

2. Latihan Pernapasan 

Pernapasan adalah salah satu latihan yang paling umum untuk memperbaiki pencernaan. Duduk lurus di kursi dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus ke bawah. Tarik napas dalam-dalam (hitung sampai 5) dan tahan selama 2-3 detik, lalu buang napas perlahan (hitung sampai 6). Latihan pernapasan ini tidak hanya meningkatkan sistem pencernaan tapi juga membuat pikiran rileks.

3. Duduk Tegak 

Duduklah di lantai dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus. Tarik nafas dalam-dalam. Tahan posisi dan mulai menghitung sampai 10. Santaikan tubuh Anda.

4. Yoga 

Yoga adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk menangani masalah pencernaan. Cobalah gerakan dasar yoga untuk memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat. Seperti berlatih bernapas perlahan, lakukan posisi mountain pose atau upward hand pose.

5. Jangan Minum Air Dingin 

Fungsi saluran pencernaan lebih baik pada suhu tubuh yang normal. Konsumsi minuman dingin akan memperlambat proses pencernaan. Jadi, hindarilah konsumsi makanan atau minuman dingin untuk membantu Anda memperbaiki sistem pencernaan.

6. Camilan Sehat 

Konsumsi makanan berat akan memperlambat proses pencernaan. Untuk itu, kurangi porsi makanan berat Anda mulai sekarang dan ganti dengan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah. Ketika mengonsumsi makanan berat seperti nasi porsi besar lengkap dengan lauknya terlalu sering, Anda hanya akan memperlambat proses pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>