1922_7_jenis_motivasi_mana_yang_menginspirasi_anda

Cara dan strategi untuk melakukan bisnis memang banyak, tetapi apa gunanya cara tersebut apabila dalam diri kita tidak ada motivasi untuk berani memikirkan, memulai, sampai melakukan kegiatan bisnis. Dalam dunia usaha motivasi bisnis memiliki peranan penting dan berada di posisi utama. Semangat perlu dibangun dengan motivasi diri agar berhasil meraih sukses. Banyak perusahaan bangkrut karena manajemen tidak bisa membuat strategi memotivasi bisnis kepada karyawan-karyawannya.

Memiliki semangat untuk maju adalah hal terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Motivasi sukses seringkali menjadi kunci meraih keberhasilan. Sejarah berbicara, baik pengusaha, negarawan, akademisi, dan bintang-bintang dunia mengakui bahwa bahwa dorongan motivasi inilah yang membuat orang mau menapaki setiap jalan setapak menuju kesuksesan.

Sekarang bagaimana cara memotivasi diri agar sukses dalam bisnis? Berikut adalah cara yang dapat ditempuh untuk memotivasi diri dengan sukses.

1. Fokus

fokus

Cara pertama yaitu dengan melatih diri untuk fokus pada bisnis yang sedang dijalani. Karena apabila usaha dijalankan dengan maksimal maka hasil yang akan dihasilkan akan optimal. Sedangkan bila tidak fokus artinya dia bekerja dengan asal-asalan, tak heran jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu cara untuk fokus pada diri kita adalah harus menanamkan kepada diri kita untuk menyadari bahwa diri kita harus menjadi pekerja yang profesional. Ada juga dengan cara menyisihkan waktu untuk hiburan seperti olahraga, menonton film, rekreasi, sampai kegiatan yang berkaitan dengan seni. Sehingga waktu untuk hiburan itu menjadi sebuah reward untuk diri sendiri agar diri sendiri bisa fokus terlebih dahulu setelah itu bisa menikmati waktu hiburan tersebut. Hal ini penting karena bagaimana kita bekerja dengan senyuman atau dengan kata lain hati yang gembira sehingga bekerja dengan tidak merasa terpaksa.

2. Tentukan Tujuan Hidup

kiat sukses menemukan tujuan hidup

Tentukan tujuan dalam hidup dan lakukan apa yang harus dikerjakan untuk  mencapai tujuan tersebut. Ingatlah, setiap langkah berani yang ditempuh akan semakin mendekatkan dengan tujuan yang hendak dicapai. Setiap orang bisa membuat sebuah rencana dan prioritas dalam pikirannya. satu hal yang pasti adalah bahwa rencana itu benar-benar dipahami dengan jelas prioritas yang ada saat membuat rencana tersebut. Kejelasan tujuan itu akan membuat tubuh dan jiwa bekerja sama meraihnya dan tidak mudah goyah melupakan motivasi sukses yang telah diungkapkan.

3. Senangi Setiap Usaha yang Dilakukan

Usaha Rumahan Terbaru

Pekerjaan yang kita senangi akan menimbulkan hasil yang maksimal karena kita melakukannya dengan tidak adanya keterpaksaan. Maka dari itu senangi setiap usaha yang dilakukan dan jadikan hal tersebut menjadi menarik bagi diri kita sendiri. Saat rasa jenuh menghampiri lebih baik kita memecah proses monoton itu dan mengenalkan diri kita pada elemen yang menyenangkan saat bekerja. Hal ini akan membuat diri menjadi lebih fokus dalam bekerja. Membuat variasi dalam menghadapi berbagai hal yang ditemui setiap hari. Tiada yang mampu memberikan kesenangan bila tidak membiarkan diri merasa senang dengan kesenangan itu sendiri. Bacaan dan tontonan bisa menjadi sumper inspirasi yang jitu.

4. Tumbuhkan Sikap Positif

7167_berapa_dosis_untuk_sikap_positif

Sikap positif harus ditumbuhkan agar dapat mempelajari dan mendapatkan kualifikasi diri yang terbaik. Ada masanya dimana setiap orang akan menemui kegagalan dalam mencapai kesuksesan dan merasa terpuruk karenanya. Ingatlah bahwa kegagalan itu adalah bagian dari kemenangan. Sadarilah kemenangan itu berasal dari kegagalan dan akan terasal lebih nikmat dan manis daripada terlalu mulus dan tanpa perjuangan yang berarti.

Perlu diingat bahwa bunga mawar tidak mekar pada semalaman, demikian dengan kesuksesan. Kita hanya perlu bersabar dan terus berpikir positif dengan memacu motivasi kita agar dapat berbuat lebih baik. Suatu saat, kita pun akan menemui kesuksesan itu, jika kita bersabar dan terus berusaha.

5. Konsisten

Consistency-customer-satisfaction

Tetap konsisten dan jangan mudah menyerah. Bila muncul tantangan di depan, lakukan apa yang kita bisa untuk mengatasi tantangan itu. Mulailah dari hal yang terkecil dulu. Bila masih kesulitan, cobalah mencari dorongan atau saran dari mereka yang sudah lebih berpengalaman.

6. Kalahkan Hal yang Akan Memperlambat Usaha

264-800x533

Kalahkan hal yang akan memperlambat usaha kita seperti masalah pribadi, penanggungan, dan kurang percaya diri. Daripada membidik terlalu tinggi, tetapkan harapan yang realistis dan mencari pengembangan diri dari kecil dulu. Dengan begitu, upaya meraih sukses akan semakin dekat.

7. Penghargaan pada Diri Sendiri

business_success

Saat kita berhasil mencapai sesuatu, berilah penghargaan pada diri sendiri. Hal ini akan membuat kita bahagia dengan kesuksesan kecil kita dan terus memberikan motivasi demi hasil kerja yang baik. Misalnya dengan berbelanja, merawat diri seharian di salon, bermain golf, atau sekedar menikmati hidangan yang jarangkita dapatkan di rumah. Sesekali melakukan hal tersebut tidak akan masalah.

8. Periksa Pengembangan Usaha

langkah-oneintwenty-membantu-meningkatkan-umkm-TR7

Periksa perkembangan usaha kita setiap saat dengan memecahkan berbagai kegiatan yang menunjang dalam rencana yang lebih kecil. Usahakan untuk meraih kesuksesan kecil yang berkesinambungan. Hal seperti ini akan membantu kita untuk mengoreksi diri sendiri bila suatu waktu ada sesuatu yang tertinggal di belakang.

 

Sumber : tip-bisnis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>