Sick PREG woman

Sistem kekebalan tubuh lebih rentan pada saat sedang hamil dan sangat mudah terserang flu. Pada saat hamil. jantung dan paru-paru bekerja lebih keras dan memberikan tekanan lebih banyak terhadap tubuh sehingga membuat Anda lebih rentan terkena virus.

Bahaya yang sangat fatal bisa terjadi saat hamil dan mengalami flu yaitu keguguran, terutama apabila Anda berada pada trimester pertama. Selain itu, bisa mengakibatkan persalinan dan kelahiran prematur.

Sebagai contoh, jika ibu hamil mengalami kesulitan bernafas maka dia tidak akan mempunyai oksigen yang cukup untuk bayinya, yang dapat menyebabkan cacat lahir dan kerusakan otak. Berikut adalah tips mencegah flu pada saat hamil :

1. Dapatkan vaksin flu

Antibodi yang Anda dapatkan akan diteruskan langsung kepada bayi Anda, melindunginya sampai ia berusia 6 bulan, pada saat ia akan mendapatkan vaksinnya sendiri. Bahkan, menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical Infectious Disease, vaksin flu selama waktu hamil dapat 92% mencegah bayi dari yang dirawat di rumah sakit.

2. Cuci tangan Anda

Pastikan untuk mencuci tangan Anda sesering mungkin untuk menghindari virus. Gunakan air hangat dan sabun, menggosok bagian depan dan belakang tangan Anda, di antara jari-jari Anda dan di bawah kuku Anda setidaknya 20 detik. Ketika air hangat dan sabun tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

3. Jangan menyentuh wajah Anda

Virus flu sangat mudah menyebar ke mulut, hidung, dan mata sehingga menjaga tangan Anda sampai Anda telah mencucinya sebelum menyentuh wajah Anda.

4. Hindari kuman

Kuman yang tersebar di seluruh rumah Anda, pastikan Anda tidak sering menyentuh permukaan yang berdebu.

5. Makan makanan yang sehat

Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, idealnya 5-9 porsi sehari, memberikan antioksidan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Menghindari keramaian

Jika Anda berpergian, cuci tangan Anda sesering mungkin menghindari kuman yang akan menganggu kekebalan tubuh.

7. Minum suplemen

Vitamin C, D3, dan suplemen lain dapat membantu Anda mencegah flu. Pastikan Anda berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang mana suplemen yang aman pada saat hamil.

8. Beristirahat

Beristirahat membuat Anda meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, kegiatan yang membantu mengurangi stress seperti yoga, meditasi, dan spa.

9. Periksa ke dokter

Jika Anda demam berpresentasi tinggi, sebaiknya Anda pergi ke dokter.

 

Sumber : foxnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>