efektips-bumbu-dapur-obat

 

Sejatinya bumbu dapur adalah bahan makanan pendukung yang menghasilkan kelezatan pada setiap hasil olahannya. Bumbu rendang, serundeng, gulai dan sambel adalah contoh betapa pentingnya bumbu dapur untuk dipadupadankan dengan makanan anda.

Namun tahukah anda jika bumbu dapur dapat berfungsi juga sebagai obat? Ya, bumbu dapur dapat berfungsi sebagai obat yang tidak kalah efektif dengan obat-obatan yang ada di apotik. Berikut adalah tips bumbu dapur yang dapat bermanfaat sebagai obat.

  • Serai. Penyedap makanan yang satu ini dapat berfungsi untuk menyembuhkan batuk dan nyeri lambung. Caranya adalah dengan merebus serai selama kurang lebih 20 menit, kemudian saring dan diminum pada saat hangat. Untuk bengkak dan memar pada kulit, bisa disembuhkan dengan melumatkan serai pada bagian yang sakit tersebut.
  • Kemangi. Daun kemangi berkhasiat untuk mengobati radang lambung, migrain, gangguan pencernaan dan diare dengan cara menumbuk/menghaluskan daun kemangi dan kemudian disaring untuk kemudian diminum. Sama dengan daun serai, kemangi juga bisa menyembuhkan luka memar pada kulit dengan membalurkan daun kemangi yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang memar.
  • Daun Salam. Daun salam dapat mengobati kencing manis, mabuk alkohol dan maag. Caranya dengan merebus 10 lembar daun salam kemudian air rebusan tersebut diminum 2-3 kali sehari. Untuk sakit maag, rebusan daun salam dapat dicampur dengan gula merah. Sedangkan untuk diare, baiknya rebusan air dicampur dengan sedikit garam.
  • Cengkih. Cengkih dapat diseduh seperti teh dimana, air seduhan tersebut dapat berkhasiat menyembuhkan perut kembung, mual, batuk hingga perut mulas karena haid.

Bumbu-bumbu dapur tersebut diatas merupakan bahan alami dari alam. Jadi ada baiknya gunakan bahan-bahan yang alami terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan kimia. Semoga bermanfaat rekans!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>