Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Pergantian cuaca dari panas ke dingin secara drastis banyak mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Tidak sedikit pula yang terserang berbagai jenis penyakit, mulai dari flu, demam berdarah, disentri dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips untuk menjaga tubuh agar tetap fit memasuki musim hujan:

Konsumsi makanan secara seimbang

Karena proses pencernaan saat musim dingin melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Disarankan juga agar Anda rajin makan sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi.

Agar lebih menyehatkan tubuh, pilih juga makanan yang bersih dan segar.

Jauhi sumber penyakit

Musim hujan selalu dikaitkan dengan musim demam berdarah, karena hujan dalam frekuensi lebih akan menyebabkan air menggenang sehingga menjadi sarang nyamuk DBD.

Karenanya, hindari genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu, jaga pakaian tetap kering dan bersih sepanjang waktu untuk menghindari penyakit kulit.

Cukup istirahat dan 
berolahraga

Gerimis saat pagi dan malam mungkin mengganggu latihan rutin. Namun itu bisa diganti dengan latihan ringan di rumah. Anda bisa melakukan beberapa olahraga sederhana seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>